Misteri dan Mitos di Gunung Dempo, Manusia Harimau dan Legenda Kayu Panjang Umur Yang Mengandung Makna Spiritu

Misteri dan Mitos di Gunung Dempo, Manusia Harimau dan Legenda Kayu Panjang Umur Yang Mengandung Makna Spiritu

BACA JUGA:Sejarah Unik Wisata Gunung Padang! Dari Situs Megailitikum Terbesar Hingga Pengakuan UNESCO, Simak Disini

Selain itu, terdapat mitos tentang keajaiban kumandang adzan yang dapat membuka kabut tebal yang menghalangi perjalanan. 

Pendaki di Gunung Dempo sering mengalami kabut tebal di tengah perjalanan, dan solusinya diyakini adalah dengan mengumandangkan adzan. 

Meskipun belum ada penjelasan ilmiah yang dapat menguatkannya, banyak pendaki yang telah membuktikan bahwa keajaiban ini benar-benar terjadi.

Salah satu kisah unik yang menemani perjalanan pendakian di Gunung Dempo adalah keberadaan kayu panjang umur atau Cantigi. 

BACA JUGA:Gunung Dempo Pagar Alam, dan Situs Gunung Padang, Sama-sama miliki Megalit, Apakah ada Kesamaan?

Popularitas tumbuhan ini telah menyebabkan populasi kayu panjang umur semakin menipis karena banyak pendaki yang mengambilnya.

Cantigi, dengan kecantikan bunga-bunganya, tumbuh melimpah di Gunung Dempo. Pohon ini memiliki batang-batang dengan daun-daun kecil yang rapat. Pucuk daunnya berwarna merah dan dianggap sebagai "bunga" Cantigi.

 Konon, warna bunga ini tidak akan pudar meskipun telah dipetik selama berhari-hari, tetapi lambat laun akan berubah menjadi hitam dengan tetap memancarkan kecantikan yang menawan.

Misteri dan mitos di Gunung Dempo menambah daya tarik dan keunikan gunung ini. 

BACA JUGA:Mengungkap Rahasia Sejarah Pagar Alam, Kota di Tepian Gunung Dempo yang Menakjubkan, Dulunya Tempat Ini!

Kendati misterius, mitos-mitos ini tetap menjadi bagian dari budaya dan keyakinan masyarakat sekitar serta para pendaki yang menjelajahi keindahan alam Gunung Dempo.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: