Mengungkap Rahasia Sejarah Pagar Alam, Kota di Tepian Gunung Dempo yang Menakjubkan, Dulunya Tempat Ini!

Mengungkap Rahasia Sejarah Pagar Alam, Kota di Tepian Gunung Dempo yang Menakjubkan, Dulunya Tempat Ini!

Mengungkap Rahasia Sejarah Pagar Alam, Kota di Tepian Gunung Dempo yang Menakjubkan, Dulunya Tempat Ini!-Kolase-Berbagai Sumber

PAGARALAMPOS.COM - Pagar Alam adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan, Indonesia.

Kota ini memiliki sejarah yang panjang dan kaya, menghubungkan masa lalu yang penuh dengan cerita dan perjalanan perkembangan yang menarik. Mari kita mengungkap jejak sejarah yang melingkupi Kota Pagar Alam.

Sejarah awal Kota Pagar Alam dapat digambarkan hingga zaman Kerajaan Sriwijaya yang berdiri pada abad ke-7 hingga abad ke-13 Masehi.

Wilayah ini memiliki peran penting sebagai pusat perdagangan dan pelabuhan maritim yang sibuk di Pulau Sumatera.

BACA JUGA:Atlantis Ditemukan? Ternyata Ini Asal-usul Julukan Kota Yang Hilang Dari Peradaban Ratusan Tahun

Peninggalan-peninggalan arkeologi, seperti batu bersurat dan artefak lainnya, menunjukkan pengaruh kuat Kerajaan Sriwijaya di daerah ini.


--

Pada abad ke-19, terjadi ekspansi kekuasaan oleh Kesultanan Palembang yang menjadikan wilayah Pagar Alam sebagai salah satu wilayah kekuasaannya.

Pada masa ini, daerah Pagar Alam merupakan bagian dari Kerajaan Palembang yang memiliki peran strategis dalam mengendalikan perdagangan dan kekuasaan di kawasan ini.

Pada era kolonial Belanda, Pagar Alam berada di bawah kendali pemerintahan Hindia Belanda. Kota ini menjadi bagian dari daerah administrasi Onderafdeling Lahat yang merupakan bagian dari Residen Palembang.

BACA JUGA:Sejarah 3 Pendekar Sakti di Nusantara Hilang Tanpa Jejak, Yuk Simak Ini Namanya

Pada masa itu, Pagar Alam dikenal sebagai kawasan pertanian yang subur dan menjadi pusat penghasilan hasil bumi, terutama kopi dan karet.


--

Setelah kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945, Pagar Alam menjadi bagian dari Republik Indonesia. Seiring perkembangan zaman, Pagar Alam terus mengalami transformasi yang signifikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: