Nyeri Haid Tak Tertahankan? ini Dia 5 Cara Menghilangkan Rasa Nyeri Tanpa Obat

Nyeri Haid Tak Tertahankan? ini Dia 5 Cara Menghilangkan  Rasa Nyeri Tanpa Obat

Nyeri Haid Tak Tertahankan? ini Dia 5 Cara Menghilangkan Rasa Nyeri Tanpa Obat -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Nyeri haid, di dalam dunia medis disebut dismenore adalah keluhan umum yang kerap dialami wanita saat haid. Nyeri biasanya muncul pada awal masa menstruasi, tepatnya di perut bagian bawah.

 Nyeri bisa terasa ringan dan tidak mengganggu, hingga terasa berat dan tidak tertahankan sampai mengganggu aktivitas sehari-hari.

Selama menstruasi, rahim akan berkontraksi sehingga membantu pengeluaran lapisan. Ada zat kimia prostaglandin yang membuat rasa sakit dan memicu kontraksi otot rahim. Jumlah prostaglandin yang tinggi bisa menyebabkan nyeri haid berlebih.

Nyeri haid biasanya akan dialami selama 48 hingga 72 jam dan bisa hilang dengan sendirinya, meskipun beberapa wanita mengalami rasa nyeri dalam waktu yang lebih lama.

BACA JUGA:Tim Puskeswan Cek Kesehatan Hewan Qurban, Hasil Temuanya Seperti Ini

Anda yang mengalami nyeri haid yang ringan biasanya bisa meredakannya sendiri di rumah tanpa perlu mengonsumsi obat apapun.

Berikut ini beberapa cara meredakan nyeri saat haid tanpa obat, seperti:

1. Mengoleskan Minyak esensial

Penelitian yang diterbitkan dalam National Center for Biotechnology Information membandingkan pereda nyeri haid setelah mendapat pijat perut pada dua kelompok siswa perempuan.

Satu kelompok mendapat pijatan menggunakan minyak almond, sedangkan kelompok lain mendapat pijatan menggunakan campuran minyak esensial yang terdiri dari kayu manis, cengkeh, lavender, dan mawar dalam basis minyak almond.

BACA JUGA:Bukan Main! Ternyata Atlantis yang Hilang Ada di Indonesia Berdasarkan Temuan Situs di Gunung Padang

Para peneliti menemukan bahwa kelompok yang menggunakan minyak esensial merasa lebih lega dari kram menstruasi daripada kelompok yang hanya menggunakan minyak pembawa. Jika kamu ingin mencobanya, kamu bisa menambahkan beberapa tetes setidaknya satu dari minyak esensial ini ke minyak pembawa untuk memijat perut.

2. Kompres Air Hangat 

Menerapkan panas ke area perut mampu meredakan nyeri yang kamu rasakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: