Antisipasi Kemacetan dan Lakalantas, Korlantas Rekayasa Lalin Saat Libur Idul Adha 2023

Antisipasi Kemacetan dan Lakalantas, Korlantas Rekayasa Lalin  Saat Libur Idul Adha 2023

JAKARTA, PAGARALAMPOS.COM - Pemerintah resmi memutuskan libur Hari Raya Idul Adha 2023 selama 3 hari. Dimana libur Nasional yang jatuh pada Kamis 29 Juni 2023, dan cuti bersama pada Rabu 28 Juni 2023 dan Jumat 30 Juni 2023.

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan mengatakan, dengan adanya libur bersama dan cuti bersama di Idul Adha 2023 diprediksi akan adanya peningkatan arus.

Baik mengarah ke Barat (Sumatera), ke Timur (Jawa) dan ke Selatan (Bogor maupun Bandung).

“Sesuai prediksi Jasa Marga, Kementerian Perhubungan ini ada peningkatan, dengan prediksi tersebut Polri, Kementerian Perhubungan dan stakeholder sudah menyiapkan beberapa alternatif untuk rekayasa lalu lintas di Jakarta Cikampek sendiri," ujar Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan di Gedung NTMC, Rabu (28/6/2023).

BACA JUGA:Terima 560 Laporan Polisi, Polri Lintas Negara Atasi Kasus TPPO

Lanjutnya, apabila nanti arus lalu lintas PCR rasio sudah mendekati 0,8 akan dilakukan rekayasa lalu lintas Contra Flow satu lajur, dua lajur.

Selain memperlancar arus yang melintas di tol, jalur arteri juga akan dilakukan pembatasan angkutan barang sumbu tiga ke atas, yang sudah berjalan sejak 27 Juni 2023, dengan waktu yang sudah di tentukan.

Pembatasan terutama angkutan barang sumbu 3 ke atas pada Rabu tanggal 27 Juni lalu. Mulai jam 04.00 WIB sampai jam 00.00 WIB.

BACA JUGA:Begini Argumen Korlantas Polri Mengapa Masa Berlaku SIM hanya 5 Tahun

BACA JUGA:Korlantas Polri Siapkan Posko K3i dan Komob, Cek Fungsinya

Kemudian hari ini (Kamis) mulai pukul 00.00 itu kita batasi untuk sumbu 3 ke atas. Juga pada saat kembali nanti pada tanggal 2 Juni 2023 hari Minggu juga akan melakukan pembatasan sumbu 3 ke atas.

"Pembatasan ini di ruas jalan tertentu untuk kelancaran arus lalu lintas pada saat cuti bersama di Idul Adha tahun 2023,” ungkap Dirgakkum Korlantas Polri.

Dalam mencegah kepadatan yang mengarah tempat wisata, petugas Kepolisian juga telah melakukan rapat koordinasi dengan beberapa stakeholder dan jajaran untuk mengantisipasi jalur-jalur wisata baik di Jawa dan di luar Jawa.

Petugas kepolisian sudah menyiapkan beberapa rekayasa lalu lintas yang akan diberlakukan pada saat terjadi kepadatan di jalur-jalur wisata ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: