Wow! Apakah Benar Manusia Susah Tinggal Di Gunung Sejak 30.000 Tahun Yang Lalu?

Wow! Apakah Benar Manusia Susah Tinggal Di Gunung Sejak 30.000 Tahun Yang Lalu?

Apakah benar Manusia Sudah Tinggal Di Pegunungan Sejak Dari 30.000 Tahun Yang Lalu?-tangkapan layar-Grid.id

"Gletser mengalir dari tutup es pusat ke lembah." Temuan ini adalah bukti paling awal dari manusia prasejarah yang tinggal di dataran tinggi, kata para peneliti.

BACA JUGA:Hilang Dan Lenyap! Keberadaan Dari 3 Pendekar Sakti Tanah Jawa Ini Masih Dipertanyakan


--

Meskipun zaman es terakhir mungkin bukan waktu terbaik untuk tinggal di pegunungan yang sudah cukup dingin, para ilmuwan mencatat air yang mencair di tepi gletser mungkin membuat dataran tinggi bebas es lebih menarik daripada lembah yang lebih rendah, yang lebih hangat tetapi lebih kering.

Selain itu, tikus raksasa dengan berat sekitar 2 kilogram banyak di daerah itu dan mudah diburu, dagingnya yang tebal membantu manusia bertahan hidup di medan yang berat, kata para peneliti.

Selain itu, endapan batu obsidian vulkanik di dekatnya akan memasok bahan mentah untuk pembuatan berbagai perkakas.

BACA JUGA:Kisah Pendekar Sekaligus Raja Pertama Tanah Jawa, Inilah Aji Saka Yang Sakti

"Oleh karena itu, pemukiman tersebut tidak hanya layak huni, tetapi juga praktis," kata Glaser dalam sebuah pernyataan.

Alih-alih berfungsi sebagai pemukiman permanen, tempat perlindungan batu ini kemungkinan berfungsi sebagai base camp selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan pada suatu waktu.

"di mana kelompok besar - 20 hingga 25 orang - tidur, menyiapkan makanan, peralatan manufaktur, sumber daya yang diimpor, dan sebagainya," kata Ossendorf.

"Manusia prasejarah pada waktu itu adalah pemburu-pengumpul bergerak, jadi mereka tidak pernah menetap di satu tempat, tetapi memiliki jadwal 'berkeliling mencari nafkah.'"

BACA JUGA:Keberadaan Situs Gunung Padang Buat Heboh Arkeolog Dunia! Begini Ceritanya

Mulai sekitar 10.000 tahun yang lalu, lokasi itu dihuni untuk kedua kalinya dan semakin sering digunakan sebagai perapian. 

Selain itu, "untuk pertama kalinya, lapisan tanah yang berasal dari periode ini juga mengandung kotoran hewan penggembalaan," kata Glaser dalam pernyataannya.

Para peneliti mengatakan, temuan ini menjelaskan potensi manusia untuk beradaptasi dengan perubahan di lingkungan mereka. Misalnya, beberapa kelompok orang yang tinggal di pegunungan Ethiopia saat ini dapat dengan mudah hidup dengan kadar oksigen yang rendah di udara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: