Mengungkap Peran Besar! 5 Tokoh Majapahit yang Berpengaruh, Salah Satunya Sebagai Pemimpin Terlama

Mengungkap Peran Besar! 5 Tokoh Majapahit yang Berpengaruh, Salah Satunya Sebagai Pemimpin Terlama

Mengungkap Peran Besar! 5 Tokoh Majapahit yang Berpengaruh, Salah Satunya Sebagai Pemimpin Terlama--Instagram

PAGARALAMPOS.COMKerajaan Majapahit diakui sebagai Kerajaan Hindu-Buddha terakhir yang memainkan peran yang signifikan dalam sejarah Indonesia dan dianggap sebagai salah satu negara terbesar di wilayah ini. 

Kerajaan tersebut menguasai hampir seluruh wilayah nusantara, dengan pusat pemerintahannya berada di Jawa Timur. 

Pendirian kerajaan ini terjadi antara tahun 1293 dan 1500 Masehi oleh Raden Wijaya, menantu dari Raja Kertanegara, yang merupakan penguasa terakhir Kerajaan Singhasari.

Pada masa pemerintahan Hayam Wuruk (1350-1389 M), kejayaan Kerajaan Majapahit mencapai puncaknya, dengan peran penting yang dimainkan oleh patih Gajah Mada. 

BACA JUGA:Di Hajar Majapahit Abad 12, Sriwijaya Runtuh Hilang Bak Ditelan Bumi!

Selama periode ini, bendera Majapahit berkibar di seluruh kepulauan Indonesia dan kerajaan menjalin hubungan persahabatan dengan negara-negara tetangga.

Sebagian raja Majapahit menjabat cukup singkat dikarenakan konflik politik. Meski begitu, ada beberapa raja lain dalam sejarah tercatat menjabat selama belasan sampai puluhan tahun. 

Berikut ini kami sampikan beberapa raja di Kerajaan Majapahit yang terkenal dikarenakan berkuasa cukup lama:

1. Raja Jayanegara

Raja Jayanegara merupakan salah satu raja Majapahit yang berkuasa cukup lama, raja yang satu ini naik tahta pada tahun 1309 sampai dengan 1328. 

Itu artinya Jayanegara berkuasa sekitar 17 tahun. Jayanegara sendiri merupakan raja kedua dari Kerajaan Majapahit, seorang keturunan Raja Kediri.

BACA JUGA:Benarkah Adipati Cepu yang Berulah, Tapi Keturannya yang Mendapat Karma Bahkan Hingga Saat Ini?

2. Tribhuwana Tunggadewi

Memiliki gelar Sri Tribhuwananottunggadewi Maharajasa Jayawisnuwardhani, Tribhuwana Tunggadewi merupakan ratu di kerajaan Majaphit yang berkuasa cukup lama. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: