Misteri Piramida Gunung Padang, Situs Peninggalan Peradaban Tertua di Bumi yang Mengguncangkan Dunia!

Misteri Piramida Gunung Padang, Situs Peninggalan Peradaban Tertua di Bumi yang Mengguncangkan Dunia!

Misteri Piramida Gunung Padang, Situs Peninggalan Peradaban Tertua di Bumi yang Mengguncangkan Dunia!-Kolase-Berbagai Sumber

BACA JUGA:Menjadi Sasaran Arkeolog Dunia! Berikut Inilah Fakta Mencengangkan Gunung Padang

Situs ini dianggap sebagai situs megalitikum terbesar di Asia Tenggara. Ada beberapa fakta menarik yang perlu diketahui:

1. Situs Megalitikum Terbesar di Asia Tenggara dan Dunia


--

Situs Gunung Padang memiliki luas 900 meter persegi di permukaan, menjadi kompleks utama dari situs ini.

Sebagian besar situs ini terdiri dari batu vulkanik alami yang berbentuk persegi dan tersusun secara bertingkat, disebut sebagai punden berundak. 

Gunung Padang juga dianggap sebagai situs megalitikum dengan punden berundak terbesar di Asia Tenggara dan kemungkinan menjadi yang terbesar di dunia. 

Situs prasejarah yang fenomenal ini hanya ada satu di Indonesia.

BACA JUGA:Entah Hilang Kemana? 3 Pendekar Sakti di Pulau Jawa ini Tak Pernah Ditemukan Hingga Saat ini

2. Situs Peninggalan Peradaban Manusia Tertua di Bumi


--

Berbagai penelitian terkini, baik oleh peneliti dalam negeri melalui Tim Terpadu Riset Mandiri (TTRM) maupun peneliti dari luar negeri, menunjukkan bahwa Gunung Padang memiliki usia yang sangat tua. 

Bahkan, ada kemungkinan bahwa situs ini adalah peninggalan peradaban tertua di bumi. Pengujian karbon pada sampel-sampel dari berbagai titik di situs ini mendukung temuan ini. 

Hasil pengujian yang dilakukan oleh BATAN (Badan Tenaga Atom Nasional) Amerika Serikat menunjukkan bahwa usia Gunung Padang lebih dari 11 ribu tahun. 

Bahkan, temuan yang lebih mengejutkan adalah adanya lapisan kedalaman 5-12 meter yang diperkirakan berusia lebih dari 25.000 tahun SM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: