Mengenal 4 Suku Keturunan Tionghoa di Sumatera, Ternyata Sudah Menguasai 50 Persen Daerah Ini

Mengenal 4 Suku Keturunan Tionghoa di Sumatera, Ternyata Sudah Menguasai 50 Persen Daerah Ini

Mengenal 4 Suku Keturunan Tionghoa di Sumatera, Ternyata Sudah Menguasai 50 Persen Daerah Ini --Instagram

PAGARALAMPOS.COM - Daerah Sumatera Selatan terkenal dengan keberagaman etnis yang masih melestarikan adat dan budaya mereka serta hidup harmonis dengan etnis-etnis lainnya.

Salah satu etnis yang memiliki sejarah menarik di wilayah ini adalah etnis Palembang, yang terbentuk dari perpaduan berbagai etnis seperti Arab, Tionghoa, Jawa, dan lainnya.

Ketika para imigran Tionghoa tiba di Palembang untuk pertama kalinya, mereka menetap di sepanjang Sungai Musi.

Hal ini memungkinkan terjadinya perkawinan antara penduduk asli dan orang Tionghoa, yang kemudian menyebabkan dominasi keturunan Tionghoa dalam etnis Palembang.

BACA JUGA:Rahasia Kekuatan Legendaris, Kerajaan yang Tak Terkalahkan oleh Majapahit Selama Ratusan Tahun

Kehadiran keturunan Tionghoa dalam suku Palembang menambah kekayaan budaya dan sejarah provinsi Sumatera Selatan.

Sumatera Selatan merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki berbagai keanekaragaman budaya, bahasa, etnis hingga suku yang berbeda-beda.

Luas wilayah tersebut dihuni dengan jumlah populasi penduduk yang cukup besar, yaitu mencapai 8.551 jiwa per tahun 2021.

Suku yang ada di provinsi Sumatera Selatan juga banyak seperti, Suku Melayu Palembang, Suku Melayu Komering, Suku Melayu Semendo, Suku Melayu Empat Lawang, Suku Melayu Musi, Suku Melayu Banyuasin, Suku Jawa, Suku Sunda, Suku Tionghoa, Suku Minangkabau dan masih banyak suku lainnya.

BACA JUGA:Benarkah Adipati Cepu yang Berulah, Tapi Keturannya yang Mendapat Karma Bahkan Hingga Saat Ini?

Tidak hanya terkenal dengan wilayah kekuasaannya, Kerajaan Majapahit turut terkenal dengan kekuatan armada militernya yang begitu tangguh dan disegani oleh bangsa lain.

Bukti bahwa Majapahit memang sebuah kerajaan yang besar, banya sumber yang menggambarkan hingga memberikan data akan wilayah kekuasaan Majapahit.

Berdasarkan peta wilayahnya, adalah satu wilayah yang memiliki suku dari keturunan Majapahit dan masih ada hingga saat ini.

Salahsatunya adalah, suku yang ada di Provinsi Sumatera Selatan. Tercatat, di Sumsel ada 12 suku besar yang sudah banyak dikenal, belum lagi dengan suku-suku yang belum banyak diketahui orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: