Bahkan Mahapatih Gajah Mada Gagal Menaklukannya, Ternyata Pajajaran Bukan Kerajaan Lemah , Ini Penyebabnya!

Bahkan Mahapatih Gajah Mada Gagal Menaklukannya, Ternyata Pajajaran Bukan Kerajaan Lemah , Ini Penyebabnya!

Bahkan Mahapatih Gajah Mada Gagal Menaklukannya, Ternyata Pajajaran Bukan Kerajaan Lemah , Ini Penyebabnya! -Ist-Pikiran Rakyat

PAGARALAMPOS.COM - Terkenal dan Melegenda, Kerajaan Majapahit memiliki prajurit-prajurit yang handal dalam pertempuran, bahkan mereka memiliki pasukan elit bernama Bhayangkara.

Dimana Prajurit elit Bhayangkara ini di pemimpin langsung panglima terkenal di zaman Majapahit yakni Mahapatih Gajah Mada.

Namun dalam sejarah mencatat dengan kekuatan sebesar bagimanapun Majapahit tidak bisa juga menaklukan pajajaran.

Walaupun Majapahit ditakuti oleh Kekaisaran China di zaman itu, tapi sampai runtuhnya kerajaan Majapahit tidak bisa menaklukan kerajaan Pajajaran dengan raja terkenalnya Prabuwijayanya.

BACA JUGA:Ini Sejarah Kerajaan Pajajaran! Menang Lawan Majapahit, Akan Tetapi Takluk Dengan Kesultanan Banten

Menurut berbagai sumber, angkatan laut Majapahit memiliki jumlah pasukan sebanyak 40 ribu prajurit, bahkan sangat disegani oleh kekaisaran China

Nama Bhayangkara dewasa ini identik dengan Kepolisian Republik Indonesia. Namun jauh sebelum Indonesia muncul, kata Bhayangkara sudah muncul di era Majapahit.

Bhayangkara berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti penjaga, pengawal, pengaman, dan pelindung keselamatan Negara dan bangsa.

Pasukan Bhayangkara bertugas untuk mengabdi demi keselamatan rakyat di masa Kerajaan Majapahit. Sejak awal pertama kali terbentuk, pasukan ini hanya terdiri 15 orang dan dikepalai oleh Mahapatih Gajah Mada.

BACA JUGA:Kegagalan Majapahit Digantikan Kerajaan ini Untuk Menaklukkan Pajajaran, Siapakah Kerajan itu?

Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan yang pernah berdiri pada abad ke-13 hingga abad ke-16. Namun, ada juga yang menuliskan berdiri pada abad ke-14 hingga abad ke-15. 

Kerajaan Majapahit terletak dan berpusat di Jawa Timur, dan dianggap sebagai salah satu kerajaan terbesar di wilayah Asia Tenggara pada masa lalu.

Dalam catatan sejarah, Majapahit hampir menguasi seluruh daerah Nusantara pada masa itu.

Pendiri Majapahit, Raden Wijaya pada tahun 1293, yang merupakan menantu dari Kertanegara, raja terakhir Singasari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: