Majapahit Selalu Gagal Taklukan Pajajaran, Ada Apa?

Majapahit Selalu Gagal Taklukan Pajajaran, Ada Apa?

--

PAGARALAMPOS.COM - Jadi salah Besar jika ada ahli sejarah maupun penulis yang mengatakan jika kerajaan Pajajaran adalah kerajaan lemah.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya tokoh atau raja-raja Pajajaran yang terkenal di Kerajaan ini.

Selain itu juga kerajaan Pajajaran ini memiliki raja yang habat dan strategi perang yang mumpuni tidak kalah dengan Gajah Mada.

Pajajaran bisa bertahan dari serangan-serangan Musuh termasuk kerajaan kuat Majapahit, bukan sekali dua kali Kerajaan Majapahit ingin mencaplok kerajaan pajajaran, namun usaha ini selalu gagal. 

BACA JUGA:Mempunyai Pasukan Elit Bhayangkara, Majapahit Tetap Gagal Taklukan Pajajaran, ini ceritanya!

Pakwan Pajajaran atau Pakuan atau Pajajaran adalah ibu kota dari Kerajaan Sunda yang pernah berdiri pada tahun 932-1579 M di Tatar Pasundan, wilayah barat pulau Jawa.

Kerajaan Pajajaran merupakan kerajaan bercorak Hindu terbesar di Pakuan (sekarang Bogor), Jawa Barat.
 
Kerajaan ini didirikan pada 923 M oleh Sri Jayabhupati yang terbentang dengan luas sepertiga atau seperdelapan pulau Jawa
 
Ia mendirikan kerajaan ini pada 923 Masehi di Pakuan Pajajaran.
 
 
Saat itu, kerajaan ini belum resmi dinamai Kerajaan Pajajaran.
 
Setelah dipimpin Sri Jayabhupati, tahta kerajaan ini lantas jatuh ke tangan Rahyang Niskala Wastu Kancana dan pusat kerajaan pun dipindahkan ke Kawali.
 
Berikut adalah raja-raja Sunda yang memerintah di Pakuan Pajajaran: Sri Baduga Maharaja (1482 – 1521), bertahta di Pakuan (Bogor sekarang) Surawisesa (1521 – 1535), bertahta di Pakuan. Ratu Dewata (1535 – 1543), bertahta di Pakuan.
 

Kerajaan Majapahit memiliki prajurit-prajurit yang handal dalam pertempuran, bahkan mereka memiliki pasukan elit bernama Bhayangkara.

Prajurit elit Bhayangkara ini di pemimpin langsung panglima terkenal di zaman Majapahit yakni Mahapatih Gajah Mada.

Namun sayangnya, sejarah mencatat dengan kekuatan sebesar bagimanapun Majapahit tidak bisa juga menaklukan pajajaran.

Meskipun Majapahit ditakuti oleh Kekaisaran China di zaman itu, tapi sampai runtuhnya kerajaan Majapahit tidak bisa menaklukan kerajaan Pajajaran dengan raja terkenalnya Prabuwijayanya.

BACA JUGA:Terkenal Miliki Pasukan Armada Tempur Luar Biasa, Kerajaan Majapahit Miliki 5 Suku Keturunanya

Menurut berbagai sumber, angkatan laut Majapahit memiliki jumlah pasukan sebanyak 40 ribu prajurit, bahkan sangat disegani oleh kekaisaran China
 
Nama Bhayangkara dewasa ini identik dengan Kepolisian Republik Indonesia. Namun jauh sebelum Indonesia muncul, kata Bhayangkara sudah muncul di era Majapahit.

Bhayangkara berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti penjaga, pengawal, pengaman, dan pelindung keselamatan Negara dan bangsa.

Pasukan Bhayangkara bertugas untuk mengabdi demi keselamatan rakyat di masa Kerajaan Majapahit. Sejak awal pertama kali terbentuk, pasukan ini hanya terdiri 15 orang dan dikepalai oleh Mahapatih Gajah Mada.
 

Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan yang pernah berdiri pada abad ke-13 hingga abad ke-16. Namun, ada juga yang menuliskan berdiri pada abad ke-14 hingga abad ke-15. 

Kerajaan Majapahit terletak dan berpusat di Jawa Timur, dan dianggap sebagai salah satu kerajaan terbesar di wilayah Asia Tenggara pada masa lalu.

Dalam catatan sejarah, Majapahit hampir menguasi seluruh daerah Nusantara pada masa itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: