Majapahit Sang Penguasa Lautan, Miliki Kapal Perang Berukuran Raksasa?

Majapahit Sang Penguasa Lautan, Miliki Kapal Perang Berukuran Raksasa?

Foto : Relief kapal Jung pada dinding Candi Borobudur yang berdiri sejak abad ke 7 SM.--Google.com

PAGARALAMPOS.COM - Kerajaan Majapahit yang mengusai Nusantara pada abad Pertengahan memiliki Militer yang sangat kuat dan ditakuti kerajaan-kerajaan lain di Dunia.

Militer Majapahit ini, tidak hanya jago dalam perang di daratan tapi juga ternyata memiliki Armada Laut yang sangat kuat dengan kapal perang yang sangat modren di Zamanya.

Apakah sama dengan Kapal perang Dewa Ruci yang dimiliki Angkatan Laut Republik Indonesia saat ini, siapa yang tau?

BACA JUGA:Menjadi Pertapaan Para Jawara! Berikut 7 Misteri Gunung Sunda

Satu kendaraan militer raksasa yang di miliki Kerajaan Majapahit bernama Kapal Jung, masyarakat Jawa pada zaman Kerajaan Majapahit menjadi panutan dalam penjelajahan wilayah lautan.

Menurut Denys Lombard dalam buku Nusajawa: Jaringan Asia (2004) menyebutkan bahwa pembuatan Kapal Jung asalnya dari wilayah Asia Tenggara.

Nama lainnya adalah Jong yang mana istilah ini berawal dari salah satu kata bahasa Jawa Kuno, artinya adalah sejenis perahu.

BACA JUGA:Dikenal Tempat Persinggahan Prabu Siliwangi, Inilah 7 Kisah Misteri Gunung Sunda

Pada Zaman Kerajaan di Nusantara, kerajaan Majapahit tidak hanya dikenal di Tanah Jawa tapi juga diseantero Dunia, hal ini dibuktikan dengan banyaknya catatan sejarah yang ditemukan di buku-buku sejarah dunia.

Majapahit dikenal memiliki raja-raja yang sangat hebat bertembur dan disegani oleh musuh-musuhnya termasuk kerajaan mongolia dan kerjaan china yang sezaman dengan Majapahit.

BACA JUGA:Terkenal Si Penguasa Lautan Nusantara, Inilah Sejarah Kapal Jung Milik Kerajaan Majapahit

KIta mungkin belum  pernah mendengar tentang sejarah Kapal Jung, tak banyak yang mengetahui jika itu adalah kendaraan militer atau kapal perang dari Kerajaan Majapahit? 

Ini Salah satu sejarah dunia maritim Indonesia, dan mempunyai daya tarik atau pesona tersendiri. 

Bahkan jika kita di zaman sekarang ini sering mendengar istilah yang menyebutkan bahwa nenek moyang kita adalah seorang pelaut, memang narasi itu bukan hanya sebuah nyanyian semata, tetapi kenyataan yang tidak bisa terbantakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: