Optimalisasi Pengawasan, Pemprov Sumsel Jaga Inflasi Tetap Stabil

Optimalisasi Pengawasan, Pemprov Sumsel Jaga Inflasi Tetap Stabil

Optimalisasi Pengawasan, Pemprov Sumsel Jaga Inflasi Tetap Stabil--Istimewa

PALEMBANG, PAGARALAMPOS.COM - Ditengah tingginya inflasi bersumber dari berbagai faktor, namun patut di syukuri perkembangan inflasi Sumatera Selatan selama 6 bulan dari awal Tahun 2023 ini cenderung stabil bahkan tendensi terus menurun bahkan selalu dibawah rata-rata nasional.

Tercatat inflasi Sumatera Selatan pada bulan Mei 2023 sebesar 3,38% secara year on year dibawah inflasi Nasional yang tercatat 4,00% secara year on year.

Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Sumsel Hengky Putrawan mengatakan, Pemprov Sumsel telah melakukan berbagai upaya dan Kegiatan yang telah dilakukan secara sinergi oleh Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi dan Kabupatan kota bersama stake holder terkait. 

Salah satunya dengan Capacity Building Optimalisasi Pengawasan, Pengendalian Inflasi Daerah bagi para Inspektur dan Sekretariat Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Kota se-Provinsi Sumatera Selatan yang mulai hari ini dilakukan hingga besok bertempat di Ballroom hotel Aston Palembang, Selasa (13-14/6/2023). 

BACA JUGA:Ajak Ibu-Ibu Tanam Cabai dan Bawang Sukseskan Program GSMP

Kata Hengky, Tentunya kegiatan Peningkatan Kapasitas yang dilaksanakan oleh Biro Perekonomian pada Hari ini akan memberikan dampak yang sangat baik kepada para aparat pemerintah baik dari APIP maupun Sekretariat TPID Provinsi dan kabupaten kota.

"Wawasan dan pengetahuan serta informasi yang akan disampaikan oleh para narasumber dapat memberikan guidance atau arahan agar dalam melaksanakan pengawasan dan pengendalian inflasi di daerah dapat satu visi dan melangkah dalam arah dan peta jalan prosedur yang benar," ungkapnya. 

Kementerian Dalam Negeri menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan pengawasan pengendalian inflasi daerah namun guna optimalisasi pelaksanaan pengawasan pengendalian inflasi daerah, diharapkan agar Inspektur Daerah tetap melakukan pengawasan atas pengendalian inflasi daerah.

"Tentunya fokus memperhatikan Perkembangan harga harian komoditas terpilih yang selalu menjadi andil inflasi, selanjutnya melakukan analisa atas penyebab terjadinya kenaikan harga, serta melakukan sinergi dengan berbagai pihak dalam upaya menahan laju kenaikan harga guna mengendalikan inflasi. Meski akan menambah tugas dari Inspektorat, namun semakin banyak yg mengawasi akan semakin menstabilkan Inflasi di Sumsel," tukasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: