Mengungkap Kisah Dibalik Kemenangan Majapahit, Ada 5 Tokoh Pemimpin yang Mempengaruhi Kejayaan Pada Masanya

Mengungkap Kisah Dibalik Kemenangan Majapahit, Ada 5 Tokoh Pemimpin yang Mempengaruhi Kejayaan Pada Masanya

Mengungkap Kisah Dibalik Kemenangan Majapahit, Ada 5 Tokoh Pemimpin yang Mempengaruhi Kejayaan Pada Masanya--Pagaralampos.com

PAGARALAMPOS.COM - Kerajaan Majapahit dianggap sebagai Kerajaan Hindu-Buddha terakhir yang memiliki peran signifikan dalam sejarah Indonesia, dan diakui sebagai salah satu negara terbesar di wilayah tersebut.

Wilayah kekuasaannya meliputi hampir seluruh nusantara, dan berpusat di Jawa Timur. 

Didirikan oleh Raden Wijaya, menantu dari Raja Kertanegara, penguasa terakhir Kerajaan Singasari, pada sekitar tahun 1293 hingga 1500 Masehi. Pada masa pemerintahan Hayam Wuruk (1350-1389 M), kerajaan ini mencapai puncak kejayaannya dengan Gajah Mada sebagai patih yang berperan penting.

Pada periode ini, seluruh kepulauan Indonesia mengibarkan panji-panji Majapahit dan hubungan persahabatan dengan negara-negara tetangga berlangsung baik.

BACA JUGA:Miliki Sejarah Kerajaan Terbesar, Ternyata inilah 5 Tokoh Penting di Kerajaan Majapahit

Sebagian raja Majapahit menjabat cukup singkat dikarenakan konflik politik. Meski begitu, ada beberapa raja lain dalam sejarah tercatat menjabat selama belasan sampai puluhan tahun. 

Berikut ini kami sampikan beberapa raja di Kerajaan Majapahit yang terkenal dikarenakan berkuasa cukup lama:

1. Raja Jayanegara

Raja Jayanegara merupakan salah satu raja Majapahit yang berkuasa cukup lama, raja yang satu ini naik tahta pada tahun 1309 sampai dengan 1328. 

Itu artinya Jayanegara berkuasa sekitar 17 tahun. Jayanegara sendiri merupakan raja kedua dari Kerajaan Majapahit, seorang keturunan Raja Kediri.

BACA JUGA: Menggunakan Strategi Unik! Inilah Kisah Kerajaan Padjajaran Tak Tertaklukkan Oleh Majapahit

2. Tribhuwana Tunggadewi

Memiliki gelar Sri Tribhuwananottunggadewi Maharajasa Jayawisnuwardhani, Tribhuwana Tunggadewi merupakan ratu di kerajaan Majaphit yang berkuasa cukup lama. 

Tribhuwana Tunggadewi adalah penguasa ketiga dari Kerajaan Majapahit setelah Jayanegara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: