Ternyata Kerajaan Pajajaran, Yang Gagal di Taklukan Majapahit! Simak Ceritanya.

Ternyata Kerajaan Pajajaran, Yang Gagal di Taklukan Majapahit! Simak Ceritanya.

Armada Militer Terkuat Se-Asia Tenggara! Inilah Kapal Jung Kerajaan Majapahit Zaman Dahulu-foto : ist-Merdeka.com

PAGARALAMPOS.COM - Ternyata Kerajaan yang gagal di taklukan oleh Majapahit adalah kerajan Pakwan Pajajaran atau Pakuan atau Pajajaran. Pakwan Pajajaran atau Pakuan atau Pajajaran adalah ibu kota dari Kerajaan Sunda yang pernah berdiri pada tahun 932-1579 M di Tatar Pasundan, wilayah barat pulau Jawa. Pada masa lalu. 

Di Asia Tenggara terdapat kebiasaan menyebut nama kerajaan dengan nama ibu kotanya, sehingga Kerajaan Sunda sering disebut sebagai Kerajaan Pajajaran.

Ten Dam berpendapat bahwa "pakuan" bukanlah nama, melainkan kata benda umum yang berarti ibu kota (hoffstad) dan harus dibedakan dari keraton.

Kata "pajajaran" ditinjau berdasarkan keadaan topograi,iIa merujuk laporan Kapiten Wikler (1690) yang memberitakan bahwa ia melintasi istana Pakuan di Pajajaran yang terletak antara "Sungai Besar" dan "Sungai Tanggerang" (sekarang dikenal sebagai Ci Liwung dan Ci Sadane).

Ten Dam menarik kesimpulan bahwa nama "Pajajaran" muncul karena untuk beberapa kilometer, Ci Liwung dan Ci Sadane mengalir sejajar. Jadi, Pakuan Pajajaran dalam pengertian Ten Dam adalah Pakuan di Pajajaran atau "Dayeuh Pajajaran".

 

Sebutan "Pakuan", "Pajajaran", dan "Pakuan Pajajaran" dapat ditemukan dalam Prasasti Batutulis (nomor 1 dan 2) sedangkan nomor 3 bisa dijumpai pada Prasasti Kebantenan di Bekasi.

BACA JUGA:Dikelilingi Sungai Alam Ibukota Padjajaran, Mungkin ini Yang Membuatnya Bertahan Dari Serangan Majapahit?

Menurut peta Portugis, lokasi Pajajaran berada di suatu wilayah yang saat ini merupakan bagian dari Bogor, Jawa Barat.

Sumber utama sejarah yang mengandung informasi mengenai kehidupan sehari-hari di Pajajaran dari abad ke-15 sampai awal abad ke-16 dapat ditemukan dalam naskah kuno Bujangga Manik.

Nama tempat, kebudayaan, dan kebiasaan-kebiasaan masyarakat pada masa itu digambarkan secara terperinci dalam naskah kuno tersebut.

Majapahit identik dengan Patih Gajah Mada, siapapun yang ditanya mengenai Kerajaan Majapahit pasti ingat akan sosok Patih Gajah Mada.

Tapi jangan salah loh, di Kerajaan Majapahit banyak Raja-Raja yang terkenal dan menjadi tokoh terkenal di zamannya.

Kerajaan Majapahit yang berdiri pada abad ke 13 hingga abad ke 16 ini memiliki kekuatan militer yang sangat ditakuti dikawasan Asia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: