Meski Miliki Nama Yang Sama, Ternyata Suku Papua Indonesia dan Papua Nugini Berbeda Loh, Ini Penjelasannya!

Meski Miliki Nama Yang Sama, Ternyata Suku Papua Indonesia dan Papua Nugini Berbeda Loh, Ini Penjelasannya!

Meski Miliki Nama Yang Sama, Ternyata Suku Papua Indonesia dan Papua Nugini Berbeda Loh, Ini Penjelasannya!-Kolase-Berbagai Sumber

1. Dijajah Bangsa Berbeda 

Papua dan Papua New Guinea bisa dibedakan berdasarkan bangsa barat yang menjajah kedua wilayah itu pada masa silam. Keduanya ternyata dijajah oleh sejumlah bangsa berbeda sehingga wilayahnya terpisah.

Keduanya memiliki sejarah kolonialisme berbeda. Papua dijajah oleh Belanda, sementara Papua New Guinea dijajah oleh Jerman, Inggris, hingga Australia. 

BACA JUGA:Kisah Cinta Ratu Tribhuwana Tunggadewi Dengan Mahapatih Gajah Mada Dalam Menaklukkan Nusantara

2. Sistem Pemerintahan Berbeda 

Perbedaan selanjutnya bisa diselisik berdasarkan sistem pemerintahan. Sebagai salah satu provinsi di Indonesia, Papua mengikuti sistem pemerintahan Tanah Air yakni presidensial dengan bentuk republik.

Sementara sistem pemerintahan Papua New Guinea menganut asas monarki absolut alias kerajaan mutlak.

Negara tetangga ini mengakui raja Inggris sebagai kepala negara, sementara pemimpin negara yaitu gubernur jenderal dengan kepala pemerintahan perdana menteri.

BACA JUGA:Kisah Cinta Penuh Perjuangan, Inilah Sejarah Cinta Putri Tribhuwana Tunggadewi dan Gajah Mada yang Melegenda

3. Bahasa Berbeda 

Perbedaan Papua dan Papua New Guinea selanjutnya yakni terletak pada bahasa yang digunakan warganya. Bahasa dapat disebut sebagai media untuk berkomunikasi antarwarga.

Di Papua, Bahasa Indonesia mayoritas digunakan oleh sebagian besar warganya. Beberapa bahasa daerah juga digunakan oleh para warga untuk berinteraksi satu sama lain.

Sementara, masyarakat Papua New Guinea menggunakan tiga bahasa untuk saling berinteraksi. Bahasa itu yakni Tok Pisin, Hiri Motu, dan Inggris. 

BACA JUGA:Mengulik Misteri Gunung Penanggungan yang Menyimpan Mitos Suara Misterius di Puncak Gunung

4. Luas Wilayah Berbeda 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: