Meski Miliki Nama Yang Sama, Ternyata Suku Papua Indonesia dan Papua Nugini Berbeda Loh, Ini Penjelasannya!

Meski Miliki Nama Yang Sama, Ternyata Suku Papua Indonesia dan Papua Nugini Berbeda Loh, Ini Penjelasannya!

Meski Miliki Nama Yang Sama, Ternyata Suku Papua Indonesia dan Papua Nugini Berbeda Loh, Ini Penjelasannya!-Kolase-Berbagai Sumber

PAGARALAMPOS.COM - Papua adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Nugini bagian barat atau west New Guinea.

Papua juga sering disebut sebagai Papua Barat karena Papua bisa merujuk kepada seluruh pulau Nugini termasuk belahan timur negara tetangga, east New Guinea atau Papua Nugini.

Papua Barat adalah sebutan yang lebih disukai para nasionalis yang ingin memisahkan diri dari Indonesia dan membentuk negara sendiri.

Provinsi ini dulu dikenal dengan panggilan Irian Barat sejak tahun 1969 hingga 1973, namanya kemudian diganti menjadi Irian Jaya oleh Soeharto pada saat meresmikan tambang tembaga dan emas Freeport, nama yang tetap digunakan secara resmi hingga tahun 2002.

BACA JUGA:Tradisi Unik Tapi Enak? Anak Dan Ibu Kandung Berhubungan Seperti Ini, Ini Cerita Suku Polahi


--

Nama provinsi ini diganti menjadi Papua sesuai UU No 21/2001 Otonomi Khusus Papua. Pada masa era kolonial Belanda, daerah ini disebut Nugini Belanda (Dutch New Guinea).

Meski kedua wilayah memiliki kesamaan rumpun, namun mulai dari sejarah hingga bahasanya ternyata berbeda. Perbedaan Papua dan Papua New Guinea cukup beragam.

Papua dan Papua New Guinea terletak di Pulau Papua dan hanya terpisahkan oleh garis perbatasan antara Indonesia dengan Papua New Guinea. 


--

Papua merupakan sebuah provinsi di Indonesia dan terletak di bagian barat Pulau Papua. Sementara Papua New Guinea berada di timur. Papua turut sering disebut sebagai Papua Barat.

BACA JUGA:Kek Hotel Bintang 5 Berjalan, Ini 7 Bus Pariwisata Paling Mewah di Indonesia

Sebab, penyebutan Papua bisa merujuk kepada keseluruhan Pulau Papua, termasuk bagian timur yakni Papua New Guiena.

Perbedaan Papua dan Papua New Guinea 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: