Wah Ini Nih 5 Manfaat Tidur Siang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Wah Ini Nih 5 Manfaat Tidur Siang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Ketahui Sejumlah Manfaat Tidur Siang-Foto: ist-

PAGARALAMPOS.COM - Tidur siang merupakan aktivitas sepele, namun memiliki manfaat yang luar biasa. Tidur siang merupakan solusi paling tepat ketika rasa kantuk melanda di siang hari.

Tidur siang biasanya banyak dilakukan oleh anak-anak demi mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan waktu istirahat yang cukup.

Tidak hanya mengistirahatkan pikiran dan memberikan efek relaksasi, tidur siang juga bermanfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah berbagai manfaat tidur siang yang bisa Anda peroleh:

1. Meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan

Sebuah penelitian membuktikan bahwa tidur siang dapat meningkatkan fokus dan kewaspadaan. Manfaat tidur siang ini didapat karena tidur siang mampu memulihkan otak yang lelah karenamenerima terlalu banyak informasi.

BACA JUGA:Rekomendasi Minuman Berprotein dan 5 Manfaatnya Bagi Tubuh

Saat tidur siang, otak akan membersihkan informasi yang tidak perlu dari area penyimpanan sementara otak, sehingga otak dapat kembali bekerja untuk menyerap informasi.

2. Meningkatkan daya ingat

Konsentrasi dan kewaspadaan yang meningkat akan membuat otak lebih siap dalam menyimpan informasi. Suatu riset menyebutkan bahwa rutin tidur siang bermanfaat untuk meningkatkan memori dan kemampuan untuk mengolah informasi maupun mempelajari hal-hal baru.

Oleh karena itu, jika Anda ingin mempelajari atau menghapal materi, sebaiknya dilakukan setelah tidur siang. Hal ini akan membuat Anda lebih fokus dan mudah mengingatnya.

3. Memperbaiki suasana hati

Manfaat tidur siang dalam memperbaiki suasana hati telah dibuktikan melalui penelitian. Jika Anda sedang merasa stres, cemas, atau gelisah, cobalah untuk melakukan relaksasi dengan tidur siang sejenak. Saat bangun, Anda pun akan merasa suasana hati berubah menjadi lebih baik.

BACA JUGA:Catat! Inilah Persiapan Sebelum Melakukan Meraton, Nomor 10 Sangat Wajib!

4. Meredakan stres

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: