5 Suku Asli Pulau Papua, Salahsatunya Suku Muyu

5 Suku Asli Pulau Papua, Salahsatunya Suku Muyu

5 Suku Asli Pulau Papua, Salahsatunya Suku Muyu--

BACA JUGA:Klaim Keturunan Kerajaan Majapahit di Sumatera Selatan, Warisan Budaya dan Keyakinan Kelompok Masyarakat

Masyarakat Suku Amungme umumnya berkerja sebagai petani nomaden atau berpindah-pindah. 

Selain itu, mereka juga melakukan kegiatan berburu dan meramu. Masyarakat Amungme sangat mensakralkan tanah leluhur merek, yaitu pegunungan sekitar. Karena hal inilah, maka seringkali terjadi gesekan konflik lahan dengan pihak-pihak yang ingin memanfaatkan kekayaan mineral di daerah mereka.

4. Suku Lani

Suku Lani sering disebut juga sebagai Suku Loma. Lani berarti “kamu pergi”. Nama tersebut diambil dari cerita Suku Lani Barat. Misionaris asing di masa lalu juga menyebut suku ini sebagai Suku Dani Barat untuk membedakannya dengan Suku Dani.

BACA JUGA:Drawing Piala AFF U-23 : Satu Grup Dengan Malaysia, Netizen Berikan Komentar Kocak!

Sementara itu, arti kata Loma adalah orang-orang yang tinggal di Kabupaten Puncak Jaya. Bahasa yang digunakan Suku Lani adalah bahasa Moni dan bahasa Amung.

5. Suku Muyu

Suku Muyu bermukim di sekitar Sungai Muyu yang terletak di Timur Laut Merauke. Diperkirakan nama Mutu berasal dari kata “ok Mui” sebagai cara penduduk setempat untuk mengucapkan Sungai Mui. Mereka biasa menyampaikan kata ini ke orang Belanda. Kemudian “ok Mui” berubah pengucapannya menjadi Muyu.

Mata pencaharian Suku Muyu pada umumnya adalah berburu, menangkap ikan, mengolah sagu, dan beternak babi atau anjing. Sayangnya mereka tinggal di kawasan yang kurang subur, sehingga mereka sering kekurangan bahan makanan dan menyebabkan tingkat kematian penduduk Suku Muyu cukup tinggi.

BACA JUGA:Wah! Pelaku UMKM di Provinsi Papua Barat Dapat Bansos Rp 2,4 Juta Loh!

Suku ini memiliki pemimpin tinggi yang merupakan ketua dalam kehidupan dan kepercayaan religiusnya. Di bawahnya, ada orang-orang yang berwibawa dan biasanya disebut sebagai Tomkot, bigman, atau keyepak. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: