5 Suku Asli Pulau Papua, Salahsatunya Suku Muyu

5 Suku Asli Pulau Papua, Salahsatunya Suku Muyu

5 Suku Asli Pulau Papua, Salahsatunya Suku Muyu--

BACA JUGA:Menjadi Incaran Para Kolektor Kaya! Koin Kuno Dibanderol Harganya Sampai Puluhan Juta!

2. Suku Dani

Suku Dani adalah kelompok masyarakat yang mendiami Lembah Baliem. Suku ini telah tinggal di lembah selama sekitar ratusan tahun yang lalu. 

Secara umum, Suku Dani bermukim di wilayah pegunungan tengah Papua. Namun, orang-orang Dani bukan satu-satunya suku yang bermukim di wilayah tersebut.Selain di tempat ini, Suku Dani juga bermukim di Kabupaten Jayawijaya dan Kabupaten Puncak Jaya.

Orang-orang Dani umumnya berkerja sebagai petani. Mereka dikenal sangat terampil dalam bertani dan telah menggunakan peralatan yang cukup maju di masa lalu. 

BACA JUGA:Satlantas Lahat Imbau Bengkel Tak Jual Kenalpot Brong

Contoh alat-alat pertanian yang digunakan adalah pisau dan kapak batu yang terbuat dari bambu ataupun tulang binatang. Suku Dani juga membuat tombak dari kayu galian yang dikenal sangat kuat dan berat.

Masyarakat Dani yang tinggal di Lembah Baliem lebih suka disebut sebagai Suku Parim atau Suku Baliem.

 Mereka memiliki kerpecayaan terhadap roh. Setidaknya ada 2 roh keparcayaan masyarakat Dani, yaitu Suangi Ayoka yang merupakan roh laki-laki, dan Suangi Hosile yang merupakan roh perempuan.

Mereka juga mempercayai kekuatan sakti dari nenek moyang yang disebut dengan Atou. Kekuatan ini hanya diturunkan kepada anak laki-laki. 

BACA JUGA:Tak Banyak yang Tau! Inilah 6 Olahraga Cocok Untuk Perempuan dalam Menyelamatkan Diri, Nomor 6 Paling Digemari

Kekuatan tersebut meliputi 3 hal, yaitu kekuatan menyembuhkan penyakit, kekuatan menyuburkan tanah, dan kekuatan menjaga kebun.

3. Suku Amungme

Populasi Suku Amungme saat ini diperkirakan sekitar 17.700 jiwa. Suku Amungme juga dikenal sebagai Suku Amui, Amungm, Damal, Hamung, atau Amuy.

Suku Amungme mempunya bahasa sendiri yang disebut sebagai Dhamal. Sedangkan keyakinan yang dianut adalah animisme. Suku Amungme tidak mengenal konsep adanya dewa atau roh yang hidup di alam lain. Bagi mereka, alam hanyalah satu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: