Turki Miliki 12 Unit Kapal Selam, Tebak Indonesia Ada Berapa

Turki Miliki 12 Unit Kapal Selam, Tebak Indonesia Ada Berapa

Foto : Ilustrasi kapal selam Reis class Type 214 yang diberi nama TCG Hizir Reis.--Indomiliter.com

 

JAKARTA, PAGARALAMPOS.COM - Pada 25 Mei 2023 lalu, Angkatan Laut Turki meluncurkan kapal selam berteknologi Air Independent Propulsion (AIP) kedua. 

Tanpa seremoni, unit kedua kapal selam Reis class (Type 214) yang diberi nama TCG Hizir Reis, diluncurkan di Gölcük Naval Shipyard. 

Pengumuman peluncuran TCG Hizir Reis diwartakan Kementerian Pertahanan Turki lewat akun Twitter. TCG Hizir Reis, telah berlabuh sehari sebelumnya, yakni pada 24 Mei 2022. 

Sementara kapal pertama, TCG Piri Reis saat ini masih menjalani fase sea trial dan dijadwalkan akan resmi dioperasikan Angkatan Laut Turki pada akhir tahun ini. 

BACA JUGA:KCR KRI Kapak 625 Dan KRI Panah 626 Siap Jaga Kedaulatan Maritim Indonesia

Dengan rentang pengerjaan yang telah diatur secara cermat, mulai tahun ini dan seterusnya, satu kapal selam Reis class akan diluncurkan setiap tahun. 

Dan total enam unit kapal selam Reis class akan diterima Angkatan Laut Turki pada tahun 2028.

Kontrak yang ditandatangani pada Juli 2009 antara Presidency of the Turkish Defense Industries (SSB) dan Thyssen Krupp Marine Systems.

Perjanjian tersebut adalah untuk membangun enam kapal selam Reis class dengan sistem propulsi AIP.

BACA JUGA:Unik, Museum Kontainer Kodim 0502/JU Pecahkan Rekor MURI

Kapal selam Reis Class menampilkan desain lambung tunggal, satu kompartemen, dan sistem AIP pada sel bahan bakar Howaldswerke-Deutsche Werft (HDW) yang telah terbukti andal.

Bagi AL Turki, proyek kapal selam Reis class sangat penting, yang mana kapal selam ini akan meningkatkan kekuatan armada kapal selam di kawasan dengan menampilkan kemampuan AIP.

Angkatan Laut Turki saat ini memiliki 12 unit kapal selam, yang terdiri dari empat unit Ay class (Tipe 209/1200), empat unit Preveze class (Tipe 209T/1400), dan empat unit Gür class (Tipe 209T2/1400), semuanya bertenaga konvensional diesel listrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: