'Semarak Jejakk' Kreatif Indonesia Perkuat Jejaring Kabupaten/Kota Kreatif Tanah Air

'Semarak Jejakk' Kreatif Indonesia Perkuat Jejaring Kabupaten/Kota Kreatif Tanah Air

'Semarak Jejakk' Kreatif Indonesia Perkuat Jejaring Kabupaten/Kota Kreatif Tanah Air-tangkapan layar-kemenparekraf.go.id

BACA JUGA:Dukung Penuh Program KIBAS

Jawa Tengah merupakan provinsi dengan kabupaten/kota paling banyak yang tergabung dalam ekosistem KaTa Kreatif.  

Ada 9 kabupaten/kota di Jawa Tengah yang sudah mendapatkan penetapan kabupaten/kota kreatif dan ada 19 (kabupaten/kota) yang sudah mengikuti proses uji petik Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Indonesia (PMK3I). 

Ia berharap penyelenggaraan acara ini dapat memicu kabupaten/kota lain untuk terus memperkuat potensi ekonomi kreatif di daerah masing-masing. 

Terlebih ada enam kabupaten/kota yang sedang berupaya masuk dalam jejaring The UNESCO Creative Cities Network (UCCN).  

BACA JUGA:Sudah Perlukah Sentra Budaya dan Seni di Pagaralam Setelah 22 Tahun?

"Jadi keseriusan Provinsi Jawa Tengah dan Kota Semarang ini perlu kita beri apresiasi. Kita memutuskan Semarang sebagai kick off pertama kalinya dalam sejarah kita menghadirkan Semarak Jejakk," kata Menparekraf Sandiaga. 

Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Hariyanto, mengatakan Semarak Jejakk Kreatif Indonesia merupakan acara puncak dari program kabupaten/kota kreatif Indonesia. 

Nantinya acara ini akan digelar setiap tahun di kabupaten/kota kreatif lain yang tentunya sudah masuk dalam ekosistem kabupaten/kota kreatif Indonesia. 

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno, mengapresiasi dukungan penuh Kemenparekraf/Baparekraf dalam pengembangan ekonomi kreatif di kabupaten/kota Jawa Tengah. 

BACA JUGA:Komitmen Bangun Bisnis Berkelanjutan, Bank Mandiri Incar Rp5 Triliun dari Penerbitan Green Bond

"Bicara tentang pertumbuhan ekonomi tentu salah satunya adalah bagaimana mendatangkan orang dari luar Jawa Tengah, pariwisata dan ekonomi kreatif ini yang harus kita pertimbangkan. Potensinya luar biasa dan ini yang harus kita gali terus," kata Sumarno. 

Turut hadir mendampingi Menparekraf Sandiaga di kesempatan tersebut, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Muhammad Neil El Himam; Staf Ahli Menparekraf Bidang Inovasi dan Kreativitas, Restog Krisna Kusuma; Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf, Oneng Setya Harini; Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf/Baparekraf, Dwi Marhen Yono; Direktur Event Daerah Kemenparekraf/Baparekraf, Reza Fahlevi; serta Direktur Aplikasi, Permainan, Televisi dan Radio Kemenparekraf/Baparekraf, Iman Santosa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenparekraf.go.id