'Semarak Jejakk' Kreatif Indonesia Perkuat Jejaring Kabupaten/Kota Kreatif Tanah Air

'Semarak Jejakk' Kreatif Indonesia Perkuat Jejaring Kabupaten/Kota Kreatif Tanah Air

'Semarak Jejakk' Kreatif Indonesia Perkuat Jejaring Kabupaten/Kota Kreatif Tanah Air-tangkapan layar-kemenparekraf.go.id

PAGARALAMPOS.COMKementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kota Semarang menghadirkan "Semarak Jejaring Kabupaten/Kota (Jejakk) Kreatif Indonesia 2023". 

Event ini menghadirkan para pelaku serta produk-produk ekonomi kreatif unggulan dari 109 kabupaten/kota tanah air yang sudah tergabung dalam ekosistem kabupaten/kota kreatif Indonesia. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno saat membuka kegiatan "Semarak Jejakk Kreatif Indonesia 2023" di kawasan Kota Lama, Semarang.

Ia mengatakan, kegiatan ini bertujuan memperkuat kolaborasi dari seluruh kabupaten/kota kreatif untuk berjejaring agar dapat saling memperkuat potensi ekonomi kreatif sekaligus memperluas pasar. 

BACA JUGA:The Last Kingdom, Kisah Viking di Tanah Inggris Saat 'England' Belum Terwujud (03)

Sehingga ruang untuk berinovasi, adaptasi, dan kolaborasi semakin terbuka luas. 

"Di sini kita bisa melihat karya-karya ekonomi kreatif bukan hanya dari 35 kabupaten/kota yang ada di Jawa Tengah, tapi di seluruh Indonesia khususnya yang telah menjadi bagian dari ekosistem kabupaten/kota kreatif Indonesia," kata Menparekraf Sandiaga, Jumat (19/5/2023) malam. 

Berlangsung selama tiga hari hingga 21 Mei 2023, "Semarak Jejakk Kreatif Indonesia 2023" diisi berbagai acara. 

Mulai dari pameran produk ekonomi kreatif, forum diskusi KaTa kreatif, pergelaran orkestra, pergelaran seni pertunjukan, fashion show, local market meet up, business meeting, coaching ekraf, live cooking kuliner, hingga nonton bareng ekraf. 

BACA JUGA:8 Rekomendasi Model Rambut Pendek Terkeren, Pixie Hair Aja Lewat!

"Semarak Jejakk Kreatif Indonesia 2023" juga dibuka dengan Semarang Night Carnival, acara tahunan yang menjadi rangkaian dalam peringatan HUT ke-476 Kota Semarang. 

Gelaran Semarang Night Carnival 2023 mengangkat tema "The Luxury" yang memiliki arti kemewahan, keindahan, dan kenyamanan. 

"Di acara ini juga ada beberapa destinasi wisata nusantara yang kita pasarkan termasuk desa-desa wisata," ujar Sandiaga. 

Menparekraf Sandiaga menjelaskan, pemilihan Kota Semarang sebagai lokasi penyelenggaraan acara tidak lepas dari keseriusan Pemerintah Kota Semarang bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam mengembangkan ekosistem ekonomi kreatif. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenparekraf.go.id