4 Olahraga Kesehatan Jantung dan Tulang

4 Olahraga Kesehatan Jantung dan Tulang

4 Olahraga Kesehatan Jantung dan Tulang-Foto : net-

PAGARALAMPOS.COM - Menjaga kesehatan otot, tulang dan jantung perlu dilakukan agar tubuh senantiasa terhindar dari risiko penyakit. Selain dengan menjalankan pola gaya hidup dan makanan sehat, menjaga kesehatan otot, tulang dan jantung juga bisa dengan melakukan olahraga kardio.

Dilansir dari Mayoclinic, World Health Organization (WHO) menganjurkan orang dewasa untuk melakukan olahraga kardio atau aerobik setidaknya 150 menit seminggu. Pasalnya, olahraga ini memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, khususnya untuk otot, tulang dan jantung.

Penasaran apa saja olahraga kardio yang baik untuk menjaga kesehatan otot, tulang dan jantung? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

1. Berenang

Tak hanya menyenangkan, berenang ternyata merupakan salah satu olahraga kardio yang punya banyak manfaat untuk tubuh. Berenang juga termasuk olahraga kardio karena melibatkan gerakan seluruh anggota tubuh.

2. Lari

Berbicara soal olahraga kardio, tentunya kita tidak bisa melupakan yang namanya lari. Sebab, berlari sejak lama menjadi salah satu olahraga kardio terbaik yang digandrungi banyak orang.

Bukan tanpa alasan. Lari bisa membantu proses pembakaran kalori, memperkuat tulang dan sendi, mengencangkan otot-otot tubuh, meningkatkan sirkulasi darah, serta meningkatkan kinerja jantung untuk mengalirkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh.

3. Bersepeda

Selain bisa membakar kalori, bersepeda memiliki banyak manfaat kesehatan bagi otot, tulang dan jantung. Bersepeda secara teratur dapat memperkuat otot-otot kaki, sendi pinggul, lutut, hingga otot lengan.

Bersepeda juga memberikan dampak yang sangat besar terhadap kesehatan jantung. Dengan bersepeda, proses pembakaran kalori dan metabolisme meningkat. Hal ini dapat menurunkan kadar lemak dalam darah sehingga mencegah risiko darah tinggi.

Bersepeda juga dapat menjaga kesehatan jantung dengan cara meningkatkan fungsi kardiovaskular serta mencegah obesitas.

4. Yoga

Meski senam yoga bukan merupakan olahraga spesifik kardio, jika dikombinasikan dengan berbagai gerakan atletik olahraga ini bisa membawa banyak manfaat bagi kardiovaskular. Tak hanya itu, yoga pun disebut-sebut dapat melindungi tubuh dari beragam penyakit kardiovaskular seperti tekanan darah tinggi, lemak tubuh berlebih, dan kolesterol tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: