Jarang Diketahui! Ini Dia 5 Khasiat Bunga Lawang yang Wajib Kamu Ketahui

Jarang Diketahui! Ini Dia 5 Khasiat Bunga Lawang yang Wajib Kamu Ketahui

Jarang Diketahui! Ini Dia 5 Khasiat Bunga Lawang yang Wajib Kamu Ketahui -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Bunga lawang atau yang oleh sebagian orang disebut pekak merupakan salah satu rempah yang digunakan dalam berbagai masakan atau olahan minuman. 

Rempah ini banyak digunakan pada berbagai jenis masakan nusantara seperti rendang, gulai, dan lain sebagainya. Rasanya mirip dengan adas manis. 

Aroma dan rasa yang kuat dan khas dari bunga lawang menambah citarasa pada masakan. Selain itu bunga lawang juga dapat diolah menjadi jamu atau teh sebagai minuman kesehatan.

Tidak hanya meningkatkan citarasa masakan atau minuman konsumsi bunga lawang ternyata juga membawa dampak positif bagi kesehatan.

Hal ini tentu saja didukung oleh kandungan berbagai nutrisi yang dimilikinya seperti manfaat zat besi, manfaat magnesium, manfaat potasium, kalsium, manfaat sodium, manfaat protein, vitamin B6 dan B12, manfaat vitamin A, dan manfaat vitamin C. Dengan beragam kandungan nutrisi penting ini konsumsi bunga lawang akan membawa dampak positif pada kesehatan. Berikut beberapa manfaat bunga lawang bagi kesehatan dan kecantikan:

BACA JUGA:Selamat Tinggal Hair Dryer! Ini 7 Tips Agar Rambut Pixiemu Tetap On

1. Meningkatkan kesehatan ibu hamil

Selain dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, bunga lawang dapat membantu mengatasi berbagai penyakit selama kehamilan. Sehingga tanaman herbal yang satu ini aman dan baik dikonsumsi saat hamil.

Bahkan, ibu menyusui juga bisa mencoba bunga lawang untuk meningkatkan produksi ASI. Senyawa antehole pada bunga lawang juga menunjukkan sifat mirip hormon estrogen yang dapat mengatur fungsi hormon pada wanita.

2. Menyehatkan sistem pencernaan

Bunga lawang termasuk rempah yang kaya akan serat. Sudah bukan hal baru bahwa serat mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan seperti mengatasi perut kembung, kram dan sembelit. Serat mampu melembutkan dan melunakkan feses sehingga mencegah Anda dari sembelit.

Sembelit yang dibiarkan terlalu lama dapat berkembang menjadi wasir yang bisa menyebabkan buang air besar berdarah dan menyakitkan. Satu sendok makan ekstrak bunga lawang mengandung satu gram serat atau setara dengan 3-4 persen dari kebutuhan harian Anda, tergantung pada usia dan jenis kelamin.

3. Mengatasi flu dan batuk

BACA JUGA:Waspada! Ini Dia 5 Penyakit yang Ditularkan Kucing Kepada Manusia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: