Bukan Sekedar Nama Biasa, Ternyata Dulu Gunung Dempu Sekarang Menjadi Gunung Dempo

Bukan Sekedar Nama Biasa, Ternyata Dulu Gunung Dempu Sekarang Menjadi Gunung Dempo

gunung dempo-pidi-pagaralampos.com

Tak cukup sampai di situ, bila dicari di laman mesin pencari google, yang ada adalah Gunung Dempo. Gunung Dempu tak tertera di sini. Maka, tak heran bila di website-website resmi pemerintah yang dipakai adalah Dempo, bukan Dempo.

Karena itu, bagi Efvhan Fajrullah SPd, seorang aktivis pecinta alam, untuk mengembalikan menjadi Gunung Dempu seperti dulu, bukan perkara mudah.

BACA JUGA:Mengenal Suku Mentawai dan 4 Marga Besarnya

Sebab ini butuh proses dan memakan waktu. “Dokumen-dokumen seperti peta, harus ikut dirubah,” tuturnya dalam sebuah perbincangan dengan Pagaralam Pos beberapa waktu lalu.

Namun bila tak dicoba dimulai dari sekarang, maka nama Dempu akan terus terkikis malah sampai lenyap di telan zaman. Memang ada ujar-ujaran, apalah arti sebuah nama.

Namun untuk Dempu, ujar-ujaran tersebut tidaklah berlaku.

Ahmad Bastari Suan

“Konon, orang zaman dahulu menganggap gunung adalah tempat pertapaan.  Nah, orang-orang yang berhasil lulus pertapaan disebut dengan Empu.  Lama kelamaan, tempat pertapaan itu dinamakan Dempu. Akhirnya gunung itu disebut Dempu,”

Mady Lani 

“Banyak pendapat yang mengatakan bahwa asal muasal nama Dempu berasal dari nama seorang Resi Agung: Sang Hyang Dempu Tahyang. Versi lain, lanjut Mady, adalah yang mengatakan berasal dari kata Dahpunta,” 

Beberapa Fakta Tentang Dempo

  • Ketinggian 3.159 di atas permukaan laut (Dpl)
  • Tertinggi di Sumatera Selatan
  • Salahsatu tujuan wisatawan lokal maupun luar Pagaralam
  • Terdiri dari dua puncak yakni Dempo dan Merapi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: