Semendo Salah Satu dari 5 Suku Asli Sumatera Selatan, Ternyata Berasal Dari Banten

Semendo Salah Satu dari 5 Suku Asli Sumatera Selatan, Ternyata Berasal Dari  Banten

Semendo Salah Satu dari 5 Suku Asli Sumatera Selatan, Ternyata Berasal Dari Banten-Kolase-Berbagai Sumber

PAGARALAMPOS.COM - Provinsi Sumatera Selatan merupakan salahsatu wilayah yang ada di Indonesia. Selain terkenal dengan Jembatan Ampera, daerah ini memiliki 8 kabupaten dan 4 kota.

Dari beberapa daerah tersebut, tentunya provinsi ini memiliki beragam suku, bahasa, dan budaya yang berbeda-beda. Dari perbadaan itulah provinsi ini terdapat beberapa suku asli yang mendiami wilayah tersebut.

Bahkan dari suku tersebut, ternyata memiliki sejarah yang berbeda-beda pula. Salahsatunya adalah suku Semendo, ternyata suku yang satu ini memiliki sejarah dan kisah yang berbeda dengan suku-suku yang ada di Procinsi Sumatera Selatan tersebut.

Penasaran kan?. Nah berikut kami akan mengajak anda untuk mengulas suku Semendo yang merupakan Salah Satu dari 5 suku di provinsi Sumatera Selatan, Simak baik-baik ya!

BACA JUGA:5 Suku Asli Yang Ada di Provinsi Sumatera Selatan, Nomor 1 Merupakan Keturunan Majapahit

1. Suku Pasemah

Suku Pasemah adalah suku yang mendiami wilayah kabupaten Empat Lawang, kabupaten Lahat, Ogan Komering Ulu, dan di sekitar kawasan gunung berapi yang masih aktif, gunung Dempo Kota Pagar Alam.

Suku bangsa ini juga banyak yang merantau ke daerah-daerah di provinsi Bengkulu.

Menurut sejarah, suku ini berasal dari keturunan Raja Darmawijaya (Majapahit) yang menyeberang ke Palembang (pulau Perca). Suku ini banyak yang tersebar di pegunungan Bukit Barisan, khususnya di lereng-lerengnya. 

Menurut mitologi nama Pasemah berasal dari kata Basemah yang berarti berbahasa Melayu. Hasil utama masyarakat suku ini ialah kopi, sayur-sayuran dan cengkeh dengan makanan pokoknya ialah beras.

BACA JUGA:5 Suku di Provinsi Sumatera Selatan, Satu Diantaranya Miliki Hubungan Erat Dengan Suku Batak

2. Suku Komering

Komering merupakan salah satu suku atau wilayah budaya di Sumatra Selatan, yang berada di sepanjang aliran Sungai Komering. 

Seperti halnya suku-suku di Sumatra Selatan, karakter suku ini adalah penjelajah sehingga penyebaran suku ini cukup luas hingga ke Lampung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: