Sejarah Suku di Provinsi Jambi, Wilayah Yang Terkenal Dengan Literatur Kuno dan Peradaban Cina

Sejarah Suku di Provinsi Jambi,  Wilayah Yang Terkenal Dengan Literatur Kuno dan Peradaban Cina

Sejarah Suku di Provinsi Jambi, Wilayah Yang Terkenal Dengan Literatur Kuno dan Peradaban Cina-Kolase-Berbagai sumber

PAGARALAMPOS.COM - Suku Jambi atau Melayu jambi merupakan suku bangsa pribumi yang berasal dari Provinsi Jambi. Suku ini mendiami wilayah kota Jambi, kabupaten Muaro Jambi, Tanjung Jabung, Batanghari, Bungo-Tebo dan sebagian di Sarko.

Dusun-dusun tempat tinggal mereka saling berjauhan dengan rumah-rumah yang dibangun di pinggiran sungai besar atau sungai kecil.

Nah penasaran kan dengan sejarah Suku yang ada di Jambi?. Berikut kami sajikan ulasan tentang sejarah suku Jambi yang telah kami rangkum dari berbagai sumber, simak sampai selesai ya!

Sejarah Jambi

Dilihat dari sejarahnya, Jambi merupakan wilayah yang terkenal dalam literatur kuno. Bahkan nama Jambi juga sering disebut dalam prasasti-prasasti dan juga berita-berita Tiongkok.

BACA JUGA:Tradisi Unik Tapi Enak? Anak Dan Ibu Kandung Berhubungan Seperti Ini, Ini Cerita Suku Polahi

Hal tersebut merupakan bukti bahwa, orang Cina telah lama memiliki hubungan dengan Jambi khususnya Suku asli Jambi, yang mereka sebut dengan nama Chan-pei.

Diperkirkan, telah berdiri tiga kerajaan Melayu Kuno di Jambi, yaitu Koying (abad ke-3 M), Tupo (abad ke-3 M) dan Kantoli (abad ke-5).

Siring perkembanan jaman, kerajaan-kerajaan ini perlahan terlupakan dan sisa-sisa reruntuhan atau peninggalannya masih dalam proses penyelidikan dan penelitian lebih lanjut.


--

Dalam sejarah kerajaan di Nusantara, Jambi dulu merupakan bagian dari wilayah Minanga Kamwa adalah tanah asal pendiri kerjaan Melayu dan Sriwijaya.

BACA JUGA:Kek Hotel Bintang 5 Berjalan, Ini 7 Bus Pariwisata Paling Mewah di Indonesia

Dari wilayah inilah banyak lahir raja-raja di Nusantara, baik sekarang yang berada di Malaysia, Brunei Darussalam dan Indonesia. Jambi sendiri pernah dikuasi beberapa kekuatan besar, seperti Sriwijaya, dan Kesultanan Johor.

Asal Usul Suku Jambi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: