Jarang Dilirik, Ternyata Provinsi Jambi Miliki Keakayaan Alam Ini, Apa Itu?

Jarang Dilirik, Ternyata Provinsi Jambi Miliki Keakayaan Alam Ini, Apa Itu?

PAGARALAMPOS.COM - Terkenal dengan kekayaan alamnya, Indonesia yang beriklim tropis memiliki potensi komoditas yang sangat beragam, diantaranya, perkebunan, pertanian, dan hasil laut.

Tidak hanya dimanfaatkan sebagai konsumsi nasional, komoditas Indonesia juga digunakan untuk memenuhi kebutuhan pasar dunia.

Selain mampu menambah pendapatan negara, ekspor juga dapat meningkatkan perekonomian para pelaku ekspor yang terlibat. Hal inilah yang menjadikan ekspor memiliki potensi besar untuk dikembangkan.

Dari kekayaan tersebut, pertanyaannya adalah akan melakukan ekspor produk apa? Beragamnya komoditas yang ada di Indonesia justru membuat bingung untuk memilih jenis produk yang tepat.

BACA JUGA:JAMBI! Selain Terkenal Wisata, Jambi Memiliki Daerah Terkaya! Ini 3 Terkaya di Jambi

Berikut ini kita kan membahas berbagai produk ekspor Indonesia yang ada Provinsi Jambi, karena daerah tersebut memiliki keunikkan dan Sumber Daya Alam yang melimpah. 

Komoditas SDA yang ada di jambi:

1. Kelapa


Buah Kelapa--Google.com

Permintaan pasar global akan komoditas ini juga cukup tinggi, tidak hanya kelapa tetapi turunan produk kelapa juga banyak diminati.

Kelapa yang merupakan salah satu tanaman tropis sangat cocok tumbuh didaratan Indonesia, termasuk Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang merupakan sentra produksi kelapa di Jambi.

Negara tujuan ekspor kelapa dan produk turunannya yaitu India, Oman, Qatar, Lebanon, Sri Lanka dan Kuwait.

BACA JUGA:6 SMA Terbaik di Jambi, Salah Satunya SMA Xaverius 1

Kelapa dikenal sebagai pohon multifungsi karena hampir semua bagian kelapa dapat dimanfaatkan mulai dari buah kelapa, daun kelapa, lidi kelapa, batang kelapa dan akar kelapa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: