KMP Royce 1 Terbakar di Laut Merak Saat Menuju Bakauheni, Begini Kronologinya!

KMP Royce 1 Terbakar di Laut Merak Saat Menuju Bakauheni, Begini Kronologinya!

Begini Kronologinya!-Tangkapan Layar-Patroli Indonesia

BANTEN, PAGARALAMPOS.COM - KMP Royce 1, terbakar di Laut Merak, Banten, Sabtu 6 Mei 2023, sekira pukul 15.00 WIB. 

Api bersumber dari truk yang terbakar di dek kendaraan. Sejumlah penumpang dievakuasi menggunakan sekoci dan perahu karet, serta kapal lain yang mendekat.

Dari video amatir yang beredar, ratusan penumpang terlihat berkumpul di ramp door kapal menunggu giliran evakuasi. Sementara proses pemadaman masih berlangsung. 

KMP Royce 1 baru berangkat dari Dermaga III Merak hendak menuju Pelabuhan Bakauheni, sekira pukul 14.29 WIB. Begitu terjadi kebakaran, KMP Royce 1 putar haluan kembali ke Merah.

BACA JUGA:Apa Benar Parkir di Lahan Terbuka Bisa Picu Mobil Terbakar! Begini Penjelasannya

Mengutip lampungpro.co, Kepala KSKP Merak Iptu Atep saat dikonfirmasi sekitar  pukul 16.25 WIB membenarkan peristiwa itu.

Namun dia menyatakan untuk keakuratan data disarankan menghubungi langsung Pol Airut yang membidangi dan menangani peristiwa kebakaran di kapal Roro Royce 1 yang berangkat dari Dermaga 3 Reguler Merak. 

"Langsung ke Pol Airut saja Pak, biar datanya akurat datanya," katanya.

Sementara, Kepala KSKP Merak AKP Ridho Rafika dikonfirmasi lewat via Hp menyatakan peristiwa itu ada di perairan Merak, bukan di Bakauheni. 

BACA JUGA:Yuk Kunjungi! Ini Destinasi Wisata Palembang yang Lagi Hits

Pasca peristiwa kebakaran kapal Roro Royce 1 itu belum diketahui secara riil berapa kendaraan yang terbakar. Namun pihak Pol Airut Merak yang bekerjasama dengan kapal roro yang lewat di perairan itu mulai mengevakuasi penumpang kapal.

Terkini, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengonfirmasi sebelum melintasi Pulau Tempurung Merak, kapal mengalami kebakaran. Namun saat ini dapat api dapat dipadamkan. 

"Rencananya KMP Royce 1 akan disandarkan dan dievakuasi di Merak," kata Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin.

Dia menambahkan Tim BPTD, ASDP, Basarnas dan instansi terkait berkoordinasi untuk segera mengondisikan kapal sandar di Merak dan dapat segera melakukan evakuasi kepada seluruh pengguna jasa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: