Mobil Susah Hidup Pagi Hari! Ini 4 Kemungkinan Penyebabnya

Mobil Susah Hidup Pagi Hari! Ini 4 Kemungkinan Penyebabnya

Mobil Susah Hidup Pagi Hari! Ini 4 Kemungkinan Penyebabnya--

PAGARALAMPOS.COM - Para pengendara pastinya pernah mengalami hal yang satu ini, yaitu mobil susah hidup pada pagi hari. Nah, jika mengalami kendala ini, tak usah bingin, ini 4 kemungkinan penyebabnya versi pagaralampos.disway.id yang dilansir dari berbagai sumber yang wajib kamu ketahui. 
 
Saat Mengalai kendala mobil sudah dihidupkan pagi hari tentu saja membuat pusing dan mengganggu aktivitas para pemilik kendaraan beroda empat.
 
Parahnya lagi,  tak sedikit pula orang belum mengetahui penyebab mobil susah hidup saat pagi. Sehingga, banyak yang menyangka dan berspekulasi terhadap beberapa kerusakan yang terjadi. Padahal, spekulasi tersebut belum tentu benar.
 
Menyangkut permasalahan ini, berikut 4 kemungkinan yang jadi penyebabnya 
Masalah pada Busi

Penyebab mobil susah hidup saat pagi hari dimungkinkan karena adanya masalah pada bagian busi mobil.

Komponen yang satu ini memiliki peran penting dalam akses pembakaran. Sehingga, baik buruknya pengapian, ditentukan oleh kondisi atau kualitas busi mobil.

Kendala seperti sulitnya mesin hidup saat pagi hari tentu saja bisa jadi karena busi mulai kotor atau celahnya terlalu besar atau terlalu rapat bisa juga menyebabkan mesin mobil sulit di starter.
BACA JUGA:KEREN! Wisata Pinang Banjar dan Taman Bunga Celosia Tetap Jadi Kebanggan Masyarakat Sumsel
Maka dari itu, cek kondisi busi mobil dengan cara melepasnya. Lihat dan cermati apakah kondisinya kotor atau tidak.

Jika kotor, bersihkan dengan amplas sampai kotoran yang menempel di area busi menjadi lebih bersih. Karena, tak menutup kemungkinan kotoran pada busi bisa menghambat proses atau sistem pembakaran yang kurang sempurna sehingga berakibat pada sulitnya mesin dinyalakan atau dihidupkan, khususnya ketika di waktu pagi hari yang suhunya dingin.
 
Tegangan Aki Melemah

Kemudian,  kemungkinan besar menjadi penyebab mobil susah hidup saat pagi adalah dikarenakan tegangan aki yang mulai melemah.
BACA JUGA:Yuk Kunjungi! Ini Destinasi Wisata Palembang yang Lagi Hits
Hal ini sangat umum terjadi bila kondisi aki memang benar-benar sudah melemah. Sehingga, kesulitan saat menghidupkan mesin di waktu pagi hari tidak akan terelakkan lagi.
 


Untuk memastikan apakah tegangan baterai aki lemah Anda harus mengukurnya terlebih dahulu menggunakan voltmeter atau multimeter. Usahakan untuk mengukur di bengkel khusus aki agar hasil yang didapatkan maksimal.

Bila memang benar demikian maka solusinya Anda harus mengisi daya pada aki mobil. Jika memang sudah tidak memungkinkan maka salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengganti aki baru.
 
Karburator Alami Masalah
BACA JUGA:Siapkan Mental Anda! Wisata Pantai Timang di Gunungkidul Menawarkan Keindahan Alam Sekaligus Uji Adrenalin
Problem lain yang memicu terjadinya kesulitan mesin hidup saat pagi hari karena karburator yang banjir.

Untuk cara mengatasinya sendiri, Anda harus membongkar karburator dan melakukan pengaturan pada bagian pelampungnya.

Khusus untuk masalah ini, Mas Sena sarankan kepada Anda untuk membawanya ke bengkel mobil terdekat karena tak menutup kemungkinan prosesnya yang sedikit rumit dan sulit jika dilakukan sendiri di rumah.

Pompa Bensin Mengalami Penurunan Kinerja
BACA JUGA:TOP 5 Tempat Wisata Palembang Paling Sering Dikunjungi
Di sisi lain, perlu diketahui pula bahwa yang juga turut menjadi penyebab mobil sulit hidup saat pagi hari, yakni karena adanya masalah pada pompa bensin yang kinerjanya mulai menurun atau melemah.

Pompa bensin di sini memiliki peran penting, yaitu sebagai pompa untuk mendong bensin dari tangki agar bisa masuk ke dalam karburator.

Bilamana komponen pompa bensin ini kualitasnya sudah menurun maka sudah pasti bakal berdampak pada daya aliran bensin yang tidak mampu mengalir secara maksimal ke dalam karburator. Ini yang menjadi penyebab mobil sulit untuk dihidupkan atau distarter.

Oleh sebab alasan itu, sebaiknya komponen ini harus segera diganti mengingat jika dibiarkan begitu saja maka justru akan membuat aliran bahan bakar dari tangki menuju karburator menjadi terhambat atau kurang maksimal. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: