Ini Wisata Religi di Kota Palembang, Ada Cerita Sejarah Penyebaran Islamnya

Ini Wisata Religi di Kota Palembang, Ada Cerita Sejarah Penyebaran Islamnya

Masjid Agung di Palembang--Google.com

Memiliki aset rumah tua yang usianya sudah mencapai 250 tahunan. Alih-alih perumahan tua itu roboh malah rumah tua itu masih berdiri sangat kokoh.

Memiliki nama kampung Arab karena memang penghuni-penghuninya merupakan orang Arab yang bermukim di satu lokasi. 

Bagi Anda yang ingin mengunjungi destinasi wisata religi ini terletak di Kota Palembang atau lebih tepatnya di Jln Kiayi Haji. A. Azhari. Lorong Al Munawar. yang merupakan kawasan 13 Ulu.

5. Makam Kambang Koci

Situs Kambang Koci merupakan situs pemakaman yang terletak di areal parkir  pelabuhan peti kemas milik Pelindo II di Boom  Baru, Palembang.

Pemakaman ini termasuk  salah satu aset budaya masa silam terutama  masa Kesultanan Palembang Darussalam  di Sumatera Selatan yang perlu dilestarikan.

6. Ki Gede Ing Suro

Ki Gede Ing Suro adalah putra Ki Gede Ing  Lautan, salah satu dari 24 bangsawan dari  Demak yang datang ke Palembang, setelah  terjadi kekacauan di kerajaan Islam terbesar di  pulau Jawa.

Kekisruhan ini merupakan rangkaian  panjang dari sejarah kerajaan terbesar di  nusantara, setelah kerajaan Sriwijaya, yaitu  Kerajaan Majapahit.

Pada massa Ki Gede Ing  Suro inilah awal mula kerajaan Palembang  memeluk agama Islam.

7. Makam Sabokingking

Sabokingking adalah sebuah makam kerajaan. Nama sabokingking ini berasal dari Bahasa Sansakerta.

Sama dengan kerajaan Majapahit, nama rajanya adalah Hayam Wuruk. Sedangkan Sabokingking dipimpin oleh seorang  raja yang bernama Pangeran Sido Ing Kenayanm.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: