Ini Wisata Religi di Kota Palembang, Ada Cerita Sejarah Penyebaran Islamnya

Ini Wisata Religi di Kota Palembang, Ada Cerita Sejarah Penyebaran Islamnya

Masjid Agung di Palembang--Google.com

Ciri khasnya, bangjnan menjulang tinggi dengan tiga undakan. Undakan atas merulakan atap, yang kedua bagian tubuh pilar menara. 

Kemudian, atap masjid pada bangunan utama melebar memayungi ruangan utama di bawahnya.

Arsitektur Masjid Lawang Kidul menyerupai Masjid Agung Palembang dan Masjid Kiai Muara Ogan. Keunikannya, bangunan masjid ini ditepi Sungsi Musi, berlokasi di Jalan Slamet Riyadi, Kecamatan Ilir Timur II.

Ada ciri khas pada Masjid Lawang Kidul, yakni menara masjid memiliki tiga undakan pada bagian tubuh menara. Kemudian, atap masjid pada bangunan utama melebar memayungi ruangan utama di bawahnya.

3. Masjid Cheng Ho


Bangunan Masjid Cheng Ho--Google.com

Keunikannya, arsitekturnya persis bangunan Cina. Nama lainnya, Masjid Al-Islam Cheng Ho Sriwijaya yang didirikan pada bulan September 2005.

Diyakini peninggalan kebudayaan Cina. Dahulunya, Palembang sebagai pusat perdangan melalui jalur perairan Musi yang didatangi orang orang cina. Juga,  Laksamana Cheng Ho pernah berkunjung ke Palembang untuk menyebarkan ajaran Islam melalui perdagangan.

Keunikannya, warna bangunan dominan warnah merah. Seperti terlihat pada bagian tiang gerbang masuk masjid yang berlokasi di kawasan Jakabaring.

Keberadaan Masjid Cheng bukan sekadar untuk mengenang Cheng  Ho sebagai seorang tokoh muslim Tiongkok. 

Juga tauladannya  menyebar kedamaian kepada siapapun yang ditemuinya.

4. Kampung Arab Al Munawar

Kampung Arab Al Munawar merupakan objek wisata religi di Palembang yang kerap kali dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Destinasi wisata religi ini lebih hist dengan nama Kampung Al Munawar yang menyimpan sejarah sehingga sampai sekarang dilestarikan oleh pengelola.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: