Bahaya! Ternyata Sinar UV Bisa Sebabkan Penyakit ini, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Bahaya! Ternyata Sinar UV Bisa Sebabkan Penyakit ini, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Bahaya! Ternyata Sinar UV Bisa Sebabkan Penyakit ini, Bagaimana Cara Mengatasinya?--


Kulit Terbakar--

Kulit terbakar (sunburn) adalah dampak yang paling umum terjadi ketika Anda terlalu sering terpapar sinar UV. Kondisi ini dapat membuat kulit tampak kemerahan, serta terasa hangat dan nyeri ketika disentuh.

Gejala sunburn umumnya muncul dalam waktu beberapa jam setelah kulit terpapar sinar UV secara berlebihan, tetapi bisa juga 1–2 hari kemudian.

Pada kasus yang parah, sunburn bahkan dapat menimbulkan pembengkakan kulit, kulit melepuh, dan lemas karena dehidrasi. Jika mengalami hal ini, Anda perlu segera mendapatkan pengobatan dari dokter.

3. Kerusakan Mata


Kerusakan Mata--

Saat berada di bawah sinar matahari, tidak hanya kulit yang perlu dilindungi dari paparan sinar UV, mata pun memerlukan perlindungan ekstra. Hal ini dikarenakan mata merupakan salah satu organ yang paling rentan mengalami kerusakan jika sering terpapar sinar UV.

BACA JUGA:Fakta Menarik! 5 Manfaat Gula Merah untuk Kesehatan

Paparan sinar UV berlebih bisa menimbulkan kerusakan pada mata yang menyebabkan penurunan kemampuan melihat warna, penglihatan kabur, atau bahkan kebutaan permanen.

Tips melindungi kuliy dari Dampak Sinar UV

1.  Hindari paparan sinar matahari pada waktu tertentu

Sebisa mungkin, hindari terlalu lama beraktivitas di luar rumah pada pukul 10 pagi hingga pukul 2 siang, karena radiasi sinar UV sedang tinggi-tingginya.

2. Gunakan Krim Tabir Surya Secara Rutin

Agar kulit terlindungi dari paparan sinar UVA dan UVB, gunakan selalu tabir surya dengan SPF 30 setidaknya 15 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan pada siang hari. Jangan lupa oleskan kembali tabir surya secara rutin setelah 1 jam pemakaian.

BACA JUGA:Meski Buruk Rupa, Ternyata ini 5 Manfaat Timun Laut untuk Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: