Pertimbangkan Ini Sebelum Membeli Mobil Bekas!

Pertimbangkan Ini Sebelum Membeli Mobil Bekas!

Pertimbangkan Ini Sebelum Membeli Mobil Bekas!--

PAGARALAMPOS.COM - Biar tidak menjadi sesalan di kemudian hari, tentunya sebelum mengambil kebijakan harus dipikirkan secara matang terlebih dahulu, nah, sama halnya ketika kamu ingin membeli mobil bekas, pastinya harus dengan pertimbangan dahulu, nah, ini yang wajib dipertimbangkan sebelum membeli mobil bekas versi pagaralampos.disway.id yang dilansir dari berbagai sumber.

Pasar mobil second sampai detik ini tampaknya masih terus diramaikan oleh para pencari mobil bekas.

Meski harganya mulai tidak stabil di pertengahan tahun 2021 namun kondisi tersebut tetap tak membuat segmen pasar mobil bekas mengalami penurunan minat.

Terbukti, sampai detik ini masih banyak iklan dari berbagai medsos yang menawarkan mobil bekas. Belum lagi dengan beberapa orang yang masih mencari info mobil second.
BACA JUGA:5 Rekomendasi Tempat Wisata di Tana Toraja Yang Wajib Kamu Kunjungi, Begini Keindahannya!
Jika Anda punya atau ada wacana untuk membeli mobil bekas, tentu saja Anda harus memahami berbagai langkah persiapan sebelum membeli mobil bekas.

Langkah persiapan di sini tentu saja dimaksudkan untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan. Seperti memilih mobil yang salah atau membeli mobil second dengan harga di luar budget dan ekspektasi.

Maka dari itu, beberapa resiko tersebut bisa diminimalisir dengan beberapa langkah preventif beupa persiapan yang matang.

Membeli Mobil Second
BACA JUGA:Wajib di Kunjungi! Ini 5 Tempat Wisata Paling Menarik di Bengkulu
Ada beberapa langkah atau tahapan persiapan yang perlu untuk Anda pertimbangkan sebelum Anda benar-benar sudah matang membeli mobil second. Tentu saja, sebagaimana dijelaskan di atas bahwa langkah persiapan ini untuk mencegah atau paling tidak meminimalisir berbagai resiko yang bisa saja muncul. Berikut tips yang bisa Anda terapkan.

Pilih Mobil Bekas Berkualitas

Maksudnya, hendaknya dalam menentukan mobil apa yang akan dipilih, Anda harus bisa mempertimbangkan mobil apa yang benar-benar memiliki keawetan dan kualitas dari beberapa aspek.

Apapun merknya sebaiknya Anda bisa menentukan pilihan mobil yang bisa menunjang aktivitas atau kegiatan sehari-harimu.
BACA JUGA:Menyedihkan! Ini Lokasi Wisata Viral di Medsos, Kini Rusak dan tak Lagi Indah
Dimana, mobil berkualitas adalah mobil yang tak banyak membutuhkan biaya perbaikan jika mengalami kendala atau tidak mudah rusak.

Untuk soal pertimbangan, Anda bisa melakukan berbagai survey dan memilih mana tipe mobil yang benar-benar cocok dan berkualitas.

Ini merupakan langkah penting untuk Anda terapkan sebelum Anda membeli mobil bekas. Sehingga, jika kualitas menjadi prioritas maka tentunya Anda tidak akan merasa kecewa ataupun dirugikan.

Sesuaikan dengan Kebutuhan
BACA JUGA:Ada Apa di Bengkulu? Ini 5 Rekomendasi Wisata Bengkulu
Saat Anda hendak membeli mobil second, sebaiknya pilih mobil dengan prioritas sesuai kebutuhan untuk menunjang kepentingan Anda sehari-hari.

Tak bisa dipungkiri bahwa menyesuaikan pilihan mobil dengan kebutuhan akan jauh lebih baik daripada membeli mobil hanya sekedar sebagai gaya.

Karena, kebutuhan membeli mobil lebih akan memberi manfaat untuk Anda. Mengingat, uang yang dikeluarkan tidak sedikit sehingga jangan sia-siakan hanya untuk membeli mobil mewah namun tidak sesuai kebutuhan.

Maka dari itu, sangat disarankan sekali bagi Anda untuk benar-benar mempertimbangkan aspek ini. Sebab, nantinya akan berpengaruh pada pengeluaran dana yang Anda perlukan untuk membeli mobil.
BACA JUGA:Menakjubkan! Ini 8 Destinasi Wisata di Pulau Borneo, Syurganya Wisata
Jika Anda perlu mobil untuk menunjang transportasi dalam bekerja, maka pilihan mobil LCGC atau hatchback bisa menjadi alternatif.

Atau, jika Anda membutuhkan mobil untuk menunjang sebagai alat transportasi bersama kluarga maka pilihan mobil MPV adalah pilihan terbaik.

Begitu juga bila Anda memiliki mobilitas tinggi dengan aktivitas luar kota yang pada, Anda bisa memilih mobil SUV atau mobil MPV sebagai kendaraan Anda.

Tentu semua pilihan tersebut didasarkan pertimbangan akan kebutuhan Anda untuk menunjang aktivitas sehari-hari.
BACA JUGA:6 Wisata Sulawesi Selatan Populer, Punya Pemandangan yang Indah!
Siapkan Budget sesuai Kemampuan

Membeli mobil tentu membutuhkan dana yang tak sedikit. Tak bisa dipungkiri mengingat harga mobil memiliki nilai yang tinggi meskipun statusnya mobil second atau bekas.

Maka dari itu, budget menjadi faktor yang sangat perlu untuk dipertimbangkan secara baik dan matang sebelum Anda memutuskan untuk membeli mobil.

Pilih mobil dengan budget yang tersedia. Jangan paksakan untuk membeli mobil dengan harga di atas budget atau mepet dengan ketersediaan dana.
BACA JUGA:Surganya Buat Pecinta Alam ! Ini 5 Destinasi Wisata Terbaik di Kalimantan
Khususnya buat para pemula yang akan atau hendak membeli mobil. Tentu saja harus benar-benar paham bagaimana memilih mobil yang tepat. Yakni, mobil yang sesuai dengan ketersediaan biaya.

Survey Harga Pasar

Sebelum membeli mobil, hendaknya Anda sangat perlu untuk melakukan survcy terhadap harga pasar pada mobil yang hendak Anda beli.

Bukan tanpa alasan mengingat setiap penjual yang menawarkan mobil, tentu memiliki rentang kisaran harga berbeda-beda, tergantung daerah, tahun, dan juga kondisi mobil itu sendiri.
BACA JUGA:Selain Terkenal Tambang Emas! Papua Juga Miliki Keindahan Alam, Ini 7 Destinasi Wisata di Pulau Papua
Maka, untuk mempermudah Anda dalam memilih mobil, pilih penjual yang memasang harga standar sesuai pasaran.

Artinya, harga mobil tersebut tidak terlalu tinggi namun juga tidak terlalu rendah sehingga memilih harga di tengah-tengah bisa menjadi pilihan.

Namun, jika memang harga pasar sangat kompetitif maka Anda harus cermat untuk memilih mana penjual yang memasang harga paling murah.

Misalnya saja seperti mobil Avanza atau mobil Kijang maupun Innova yang memiliki harga stabil dan kompetitif.
BACA JUGA:KEREN! Ini 8 Destinasi Wisata di Pulau Bangka yang Wajib Dikunjungi
Biasanya, rentang harganya tidak terlalu jauh di antara para penjual. Maka, pilih harga yang berada di tengah-tengah.

Hindari untuk tergiur dengan harga murah yang justru jauh dari harga pasaran. Karena, kita tidak tahu bagaimana kondisi dan status mobil tersebut.

Pilih Mobil Bekas dengan Tahun yang Tidak Lama



Untuk Anda, sebaiknya dalam memilih mobil bekas, pilih mobil dengan tahun yang tak terlalu lama. Paling tidak memiliki tahun produksi 5 -8 tahun.
BACA JUGA:KEREN! Ini 8 Destinasi Wisata di Pulau Bangka yang Wajib Dikunjungi
Ini merupakan salah satu langkah untuk mencegah berbagai kerusakan. Pasalnya, tak ayal bila beberapa mobil keluaran tahun lama, tentu saja lebih rentan terhadap kerusakan meskpun mobil tahun belum lama pun juga memiliki kemungkinan yang sama.

Namun, hanya saja setidaknya Anda bisa menekan atau meminimalisir mobil dengan kerusakan tersebut sehingga akan jauh lebih efektif karena tak akan banyak memakan biaya perbaikan dan perawatan saat nanti dibeli.

Ajak Rekan Ahli Permobilan

Selain beberapa pertimbangan di atas, disarankan untuk mengajak kawan atau rekan Anda yang ahli dalam permobilan ketika Anda sudah memutuskan untuk membeli mobil.
BACA JUGA:5 Rekomendasi Tempat Wisata di Tana Toraja Yang Wajib Kamu Kunjungi, Begini Keindahannya!
Pasalnya, teman Anda yang ahli tersebut tentu bisa mendeteksi dan mencermati bagaimana kondisi mobil yang masih normal atau sudah rusak.

Oleh sebab itu, sangat disarankan sekali bagi Anda untuk meminta tolong kepada siapapun itu, bisa sahabat, tetangga, atau saudara yang benar-benar paham akan mobil untuk ikut memberikan pertimbangan terhadap mobil yang hendak Anda beli.

Apalagi Anda sebagai seorang pemula, tentu saja perlu mendapat masukan dari rekan Anda yang ahli dalam bidang otomotif.

Dari berbagai tips di atas, tentu point paling penting dalam menentukan pilihan mobil bekas, Anda harus mempertimbangkan budget yang tersedia, sesuai kebutuhan, dan tentunya memiliki kualitas bagus.
BACA JUGA:Wajib di Kunjungi! Ini 5 Tempat Wisata Paling Menarik di Bengkulu
Pasalnya, ketiga faktor tersebut memiliki pengaruh besar terhadap pilihan Anda ketika nantinya mobil bekas tersebut sudah fix Anda beli. *


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: