Tehnik Sambung Pucuk Bisa Tingkatkan Produktivitas Tanaman Kopi

Tehnik Sambung Pucuk Bisa Tingkatkan Produktivitas Tanaman Kopi

foto : gusti/Pagaralampos.com Sambung Pucuk : Petani Kopi di Pagar Alam melakukan sambung pucuk untuk tingkatkan produksi panen.--

PAGARALAM, PAGARALAMPOS.COM - Kopi Merupakan salah satu komoditas paling laris di pasar dunia dan salah satu tanaman yang dapat diperpanjang usia produktifnya. Bagi pecinta Kopi yang tertarik menjadikan komoditas ini untuk dibudidayakan.

Banyak cara yang dapat dilakukan, salah satunya dengan teknik klonalisasi. Klonalisasi adalah salah satu teknik sambung pucuk pada tanaman kopi yang disukai oleh petani. Di Kota Pagar Alam, sambung pucuk sudah dilakukan cukup lama dilirik oleh petani di Kaki Gunung Dempo

Bahkan, dengan tehnik ini banyak petani sudah mendapatkan hasil yang berlimpah sejalan dengan pengelolaan tanaman yang baik.

Dengan teknik ini, petani dapat memperpanjang usia produktif tanaman kopinya. Juga secara perlahan, dapat mengganti jenis kopi, tanpa harus menebang seluruh pohon kopi yang ada di kebun. 

BACA JUGA:Kopi Pagaralam Tembus ke Pasar Internasional, Ini Alasanya!

Manfaat Sambung Pucuk pada Tanaman Kopi Sambung pucuk tidak hanya dilakukan pada tanaman kopi. 

Teknik yang sama dapat juga dilakukan pada tanaman lain yang memiliki kambium, seperti mangga, rambutan, alpukat, srikaya, dan jeruk.  Umumnya, usia produktif tanaman kopi berada dalam kisaran 5-20 tahun. 

Jika lewat dari usia 20 tahun, tanaman kopi telah memasuki usia tua. Melalui sambung pucuk, petani dapat memperpanjang aktivitas panen buah kopi hingga pohon kopi mencapai umur 30 tahun.

Dalam penerapannya, sambung pucuk tanaman kopi dapat dilakukan pada pohon yang sudah ada di kebun kopi. 

BACA JUGA:1.509 Petani Lakukan Sejuta Sambung Pucuk Batang Kopi

Selain itu, sambung pucuk biasa dilakukan pada batang bawah yang biji kopinya disemai terlebih dahulu. Bibit kopi yang dijadikan sebagai batang bawah sudah dapat sambung dengan mata entres saat usia 5-6 bulan.

 Ukuran batang bawah kira-kira sebesar batang pensil. Lalu, apa saja kelebihan teknik sambung pucuk pada tanaman kopi?

Pengambilan mata entres pilihan yang sudah diketahui keunggulannya mampu meningkatkan kualitas tanaman kopi. 

Tanaman kopi akan cepat berbuah dibandingkan dengan teknik stek atau menanam biji Tanaman kopi menjadi kokoh karena batang bawahnya tumbuh kuat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: