Kopi Pagaralam Tembus ke Pasar Internasional, Ini Alasanya!

Kopi Pagaralam Tembus ke Pasar Internasional, Ini Alasanya!

Kopi Pagaralam Tembus ke Pasar Internasional--

PAGARARALAM,PAGARALAMPOS.COM - Terkenal dengan wilayah pegunungan dan perbukitan menjadikan kota pagar alam sebagai salah satu penghasil kopi terbesar di Provinsi Sumatera Selatan.

Desa Sumber Jaya di kelurahan Candi Jaya Merupakan Salah satu wilayah penghasil kopi di Kota Pagaralam, demi menjaga kualitas kopi dan cita rasa masyarakat sudah memanfaatkan sistem pengelolaan dengan menggunakan green house atau Tempat jemur kopi.

Terdapat beberapa jenis kopi yang dibudidayakan oleh masyarakat seperti jenis kopi Robusta dan Arabika.

Bedasarkan data Badan Pusat Statistik, Kota Pagaralam mampu memproduksi kopi sekitar 12.782 ton per tahun dari total luas lahan 8.327 hektare.

BACA JUGA:6 Lapangan Futsal Terkenal dan Terbaru di Palembang

Harga biji kopi dipatok sekitar Rp34.000 per kilogram untuk kualitas Premium, sementara untuk pasar lokal jenis kopi asalan (petik pelangi) hanya Rp19.000 per kilogram.

Serta Kopi asal Pagaralam mendapatkan pengakuan internasional pada kontes kopi dunia AVPA (Agency for the Valorization of the Agricultural Products) Gourmet Product tahun 2020 di Paris.

Yang membuat kopi semakin diminati pasar internasional dan sudah melakukan ekspor dari Asia hingga Eropa seperti Negara Oman, Korea Selatan dan Rusia.

Tak hanya ekspor kopi Pagaralam juga dijual ke berbagai daerah seperti Palembang, Medan dan Jakarta.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: