Mau Interior Mobil Mobil Terawat, Begini Caranya

Mau Interior Mobil Mobil Terawat, Begini Caranya

Mau Interior Mobil Mobil Terawat, Begini Caranya--

JAKARTA, PAGARALAM POS. COM – Pecinta mobil pasti semuanya menginginkan kalau interior mobil kesayangannya selalu terawat, mau tau caranya, simak ulasan cara merawat interior mobil versi pagaralampos.disway.id yang dilansir dari berbagai sumber. 

Merawat interior mobil dengan langkah sederhana untuk menjaga agar tetap bersih dan nyaman

Merawat Interior Mobil – Memiliki kendaraan mobil, tentu saja dibutuhkan perhatian khusus untuk selalu menjaga sekaligus merawatnya.

Tak hanya soal mesin dan eksteriornya saja, bahkan bagian interior atau kabin mobil pun juga tak bisa dilepaskan begitu saja dari perhatian Anda.
BACA JUGA:AKBP Erwin Irawan: Pengelola OW Diimbau Utamakan Keselamatan Wisatawan
Tentu saja, hal ini ditujukan sebagai upaya guna menjaga agar bagian kabin atau interior pada mobil selalu terawat dan terjaga kebersihannya.

Dengan demikian, hal ini bisa meminimalisir berbagai masalah umum yang biasanya muncul pada interior mobil dikarenakan kurang atau salah perawatan.

Lalu, bagaimana sih cara untuk merawat kabin mobil? Apakah perlu ke salon mobil setiap hari?

Sudah barang tentu, sesekali Anda perlu membawa mobil ke salon mobil untuk memberikan  treatmen khusus pada kabin mobil.
BACA JUGA:5 Rekomendasi Tempat Wisata di Danau Ranau, Cocok Banget Buat Rekreasi Bareng Keluarga
Namun, sebenarnya selain itu ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk merawat interior pada mobil Anda dengan langkah sederhana dan mudah dilakukan. Sehingga, keawetan dan kenyamanan setiap penumpangnya pun akan jauh lebih terjamin.

Nah, dalam pembahasan kali ini, berikut Mas Sena akan memaparkan berbagai langkah mudah dalam penerapan cara merawat interior mobil dengan langkah tepat dan mudah.

Tips Perawatan Interior/Kabin Mobil

Tak perlu selalu ke salon mobil, dengan beberapa tips di bawah ini, Anda pun bisa melakukan perawatan mandiri untuk menjaga bagian kabin mobil. Berikut penjelasan detailnya.
BACA JUGA:Kembangkan Pulau Cemara Sebagai Ekoeduwisata Bahari
Rutin Bersihkan Dashboard

Perlu untuk Anda ketahui bahwa dashboard adalah salah satu komponen di dalam interior mobil yang perlu mendapat perhatian.

Bukan tanpa alasan mengingat dashboard pada mobil ini menjadi media untuk menempatkan berbagai fitur kelengkapan. Mulai dari lubang AC, fitur audio visual, dan juga speedometer.

Untuk langkah merawatnya, Anda bisa dengan rutin membersihkan bagian dashboard ini dengan kemoceng atau lap kering setiap hari.
BACA JUGA:Gasken Rek! Ini Rekomendasi Tempat Wisata di Solo yang Wajib Kalian Kunjungi, Rasakan Liburan Seperti di Luar
Pastikan beberapa bagian dan sudut terjangkau oleh kemoceng atau lap. Terutama lubang AC yang tentu lebih berpotensi memiliki banyak debu yang bila dibiarkan akan mengendap.

Sesekali, Anda juga bisa mengoleskan sedikit cairan biopolish leather care untuk membuat dashboard tidak kering saat terpapar panasnya sinar matahari.

Bahkan, bila perlu Anda bisa juga membersihkannya dengan mengusap dashboard dengan kain basah untuk memastikan bahwa kotoran hilang dengan maksimal.

Anda bisa melakukan cara ini setiap hari atau setiap dua hari sekali sebagai upaya pencegahan debu yang tentunya jika dibiarkan akan merusak dan bahkan bisa memicu tumbuhnya jamur.
BACA JUGA:Parah, Kunjungan Wisatawan ke Pagaralam Membludak H+2 Lebaran
Lapisi Lantai Kabin dengan Karpet Khusus

Selain itu, salah satu upaya dalam menjaga kebersihan kabin adalah dengan memasang karpet pada bagian lantai kabin.

Tentu, penggunaan karpet di sini menggunakan karpet khusus yang dibuat untuk interior atau dasar lantai pada kabin mobil.

Dimana, dengan menggunakan karpet tersebut, tentunya ditujukan supaya kotoran yang dibawa oleh alas kaki dari luar, seperti pasir, air atau bisa juga sisa remahan makan tidak akan langsung mengenai dasar kabin melainkan akan terkena karpet terlebih dahulu.
BACA JUGA:6 Tempat Wisata di Solo yang Wajib Kalian Kunjungi, Salahsatunya Bikin Geleng-geleng Kepala!
Sehingga, nantinya pun akan lebih mudah dalam membersihkannya karena Anda hanya perlu mengeluarkan atau melepas karpet ke luar untuk dicuci.

Tak hanya itu saja, penggunaan karpet untuk lantai dasar dari kabin ini pun juga bisa membuat tampilan interior semakin lebih rapi.

Terkait soal karpet mobil sendiri, Anda pun bisa memilih karpet mobil dari bahan karet antislip seperti produk karpet mobil dari Carfit.

Karpet mobil antislip ini mudah dibersihkan dan bisa digunakan untuk semua jenis mobil. Dalam 1 set karpet mobil terdiri 2 buah karpet bagian depan dan sisi kemudi serta 2 karpet bagian tengah untuk sisi penumpang.
BACA JUGA:6 Tempat Wisata di Padang yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Liburan
Dengan demikian, kabin mobil pun menjadi lebih terkesan terjaga dan terawat dengan begitu baik tanpa perlu sering membawa mobil ke salon mobil.

Gunakan Penjernih Udara

Di samping itu, salah satu cara terbaik dalam menjaga kebersihan dan kenyamanan dalam kabin mobil, tampaknya Anda memerlukan alat untuk menjernihkan atau mentralisir udara dalam kabin.

Tentu saja, hadirnya penjernih udara di sini dimaksudkan untuk menetralisir udara yang ada di dalam interior mobil yang sangat berpotensi mengalami kelembaban tinggi, terutama saat musim hujan.
BACA JUGA:6 Tempat Wisata di Padang yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Liburan
Jika dibiarkan begitu saja maka akan memicu tumbuh dan munculnya jamur pada setiap sisi di sektor interior atau kabin mobil ini.

Tak sampai di situ saja, untuk lebih bagusnya lagi, Anda bisa membeli alat penjernih udara kabin mobil yang sekaligus mampu menetralisir partikel debu kecil seperti alergen, serbuk sari, dan virus pada udara serta mampu mendorong bau yang tak sedap keluar dari kabin mobil.

Dengan menggunakan alat penetralisir udara seperti ini, tentunya udara dalam kabin menjadi lebih bersih dan membuat setiap penumpangnya pun merasa nyaman.

Namun, umumnya alat seperti ini harganya cukup mahal. Jadi, Anda cukup menggunakan pengharum ruangan saja. Setidaknya untuk menjaga aroma di dalam kabin tetap fresh.
BACA JUGA:Jangan Ngaku Penggemar Wisata! Kalau Belum Mengunjungi 6 Wisata di Ubud Bali, Salahsatunya Bikin Kaget
Rutin Membersihkan Jok Mobil

Kemudian, langkah yang paling penting dalam perawatan kabin mobil adalah membersihkan jok mobil itu sendiri.

Bukan tanpa alasan mengingat jok mobil merupakan komponen dalam kabin yang erat kaitannya dengan soal kenyamanan penumpang.

Bahkan, tak bisa dilepaskan dari debu dan kotoran yang sudah barang tentu akan selalu hadir menempel di setiap permukaan maupun sela-sela jok mobil.
BACA JUGA:Wow Keren! 15 Destinasi Wisata di Bengkulu Ini Buat Geleng-geleng Kepala, Ada Apa Yah?
Maka dari itu, sangat dianjurkan sekali untuk selalu rutin membersihkan jok mobil. Bisa dengan alat vacuum cleaner atau bisa juga dengan menggunakan kain lap basah yang kemudian diusap ke setiap permukaan jok mobil sampai merata.

Hal ini sangat efektif untuk menghilangkan debu atau kotoran yang menempel di bagian jok mobil. Karena, jika dibiarkan begitu saja maka jok mobil akan menjadi cepat berjamur dan menimbulkan aroma tidak enak.

Nah, agar hasil maksimal, sesekali Anda juga perlu membawa mobil ke tempat khusus atau salon mobil untuk membersihkan jok mobil sampai benar-benar tuntas.

Dengan perawatan seperti ini, tentu saja jok mobil Anda akan menjadi lebih bersih dan terhindar dari berbagai bakteri atau kuman dikarenakan kotoran yang mengendap atau menempel pada jok dan bersembunyi di setiap sela jok mobil.
BACA JUGA:AKBP Erwin Irawan: Pengelola OW Diimbau Utamakan Keselamatan Wisatawan
Setelah memahami beberapa aspek penting dalam langkah perawatan rutin interior mobil di atas, setidaknya kawan-kawan bisa mengenali apa saja komponen yang perlu mendapat perhatian di dalam kabin mobil untuk selalu dijaga.

Selain itu, berbagai cara membersihkan dan merawat kabin mobil pun bisa dilakukan dengan penerapan beberapa langkah di atas. Dengan demikian, interior mobil akan jauh lebih terawat secara maksimal. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: