Khutbah Jumat Akhir Ramadhan : Orang yang Berhak Menerima Zakat

Khutbah Jumat Akhir Ramadhan : Orang yang Berhak Menerima Zakat

Khutbah Jumat Akhir Ramadhan : Orang yang Berhak Menerima Zakat --

• orang yang masuk islam dan ia mempunyai kedudukan terhormat. Maka diberikan kepadanya zakat untuk menarik yang lainya agar masuk islam

• orang yang masuk islam jika diberikan zakat ia akan memerangi orang kafir atau mengambil zakat dari orang yang menolak mengeluarkan zakat.

BACA JUGA:Ketahui Penyebab Battery Health iPhone Cepat Turun Drastis

5. Dzur- Riqab

Hamba sahaya (budak) yang ingin memerdekan dirinya dari majikannya dengan tebusan uang. Dalam hal ini mencakup juga membebaskan seorang muslim yang ditawan oleh orang orang kafir, atau membebaskan dan menebus seorang muslim dari penjara karena tidak mampu membayar diah

6.  Algharim

Orang yang berhutang karena untuk kepentingan pribadi yang bukan maksiat dan tidak sanggup membayarnya. Orang ini sepantasnya dibantu dengan diberikan zakat kepadanya. 

BACA JUGA:Catat, Muhammadiyah Tetapkan 1 Syawal 1444 Hijrah Pada 21April 2023

7. Fi sabilillah (Almujahidin)

Orang yang berjuang di jalan Allah (Sabilillah) tanpa gaji dan imbalan demi membela dan mempertahankan Islam dan kaum muslimin.

8. Ibnu Sabil

Musafir yang sedang dalam perjalanan (ibnu sabil) yang bukan bertujuan maksiat di negeri rantauan, lalu mengalami kesulitan dan kesengsaraan dalam perjalanannya.

 BACA JUGA:Viral, Dua LC di Sumbar di Buang ke Laut Karena Nyanyi di Cafe Saat Bulan Ramadhan

Niat zakat : 

Setiap perbuatan harus didahulukan dengan niat. Begitu pula zakat harus diniati ketika akan mengeluarkannya, sesuai dengan hadist Nabi SAW yang tersebut sebelumnya. Niat zakat fitrah atau mal untuk diri sendiri, artinya : ”Saya niat mengeluarkan zakat fitrah (mal) saya karena Allah Ta’ala”. Niat untuk zakat fitrah orang lain, artinya : “Saya niat mengeluarkan zakat fitrah (mal) fulan atau fulanah karena Allah Ta’ala”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: