5 Daftar Sungai Terpanjang di Indonesia

5 Daftar Sungai Terpanjang di Indonesia

5 Daftar Sungai Terpanjang di Indonesia -Foto: Ist-

PAGARALAMPOS.COM - Sudah bukan rahasia lagi jika Indonesia dikenal sebagai negara eksotis yang menyimpan berbagai kekayaan kenampakan alam. 

Setidaknya Indonesia memiliki ratusan gunung, serta ribuan sungai dan danau.

Masing-masing kenampakan alam di Indonesia pun memiliki keunikan dan karakternya masing-masing. 

Dari ratusan sungai yang ada dari Sabang sampai Merauke, ini dia 5 daftar sungai terpanjang yang ada di Indonesia!

BACA JUGA:5 Destinasi Wisata yang Populer di Purwodadi

1. Sungai Barito

Masih di Pulau Borneo, sungai yang memiliki panjang sekitar 890 kilometer ini melintasi Provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. Secara geografis, sungai ini bermuara di Laut Jawa dan memiliki hulu di Pegunungan Schwaner yang melintas dari Kalimantan Barat hingga Kalimantan Tengah.  

Salah satu daya tarik dari sungai ini adalah keberadaan Pasar Apung yang melakukan segala transaksi ekonomi di atas perahu. Bahkan, tidak hanya wisatawan domestik, pasar ini juga menarik atensi dari wisatawan mancanegara. 

2. Sungai Batanghari

Dari Kalimantan berpindah ke Sumatra, Sungai Batanghari merupakan sungai terpanjang di Pulau Sumatra dan terpanjang ke-4 di Indonesia. Sungai ini diperkirakan memiliki panjang 775 kilometer dengan hulu di Pegunungan Bukit Barisan dan bermuara di Selat Berhala.

BACA JUGA: Pantai Pangubayan Bengkulu, Wisata Laut Wajib Masuk List Liburan Akhir Pekan!

Sungai ini berfungsi sebagai jalur transportasi utama yang menghubungkan kota Jambi dengan beberapa daerah pedalaman baik di dalam maupun di luar Jambi. Selain itu, sungai ini juga terkenal memiliki Daerah Aliran Sungai atau DAS Batanghari yang menjadi DAS terbesar ke-2 di Indonesia dengan luas sekitar 4,54 juta hektare. 

3. Sungai Musi

Terletak di Sumatera Selatan, Sungai Musi memiliki panjang sekitar 750 kilometer. Sungai ini memiliki hulu di Pegunungan Bukit Barisan dan bermuara di Selat Bangka dan Laut Cina Selatan.  Sementara itu, secara geografis, sungai ini membelah Kota Palembang menjadi dua bagian, yaitu Seberang Ilir di bagian utara dan Seberang Ulu di bagian selatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: