Catat! 10 Pekerjaan Paling Dicari di Tahun 2023

Catat! 10 Pekerjaan Paling Dicari di Tahun 2023

10 Pekerjaan Paling Dicari di Tahun 2023--

PAGARALAM,PAGARALAMPOS.COM - Mencari pekerjaan di zaman ini menjadi tantangan tersendiri. Banyak pekerjaan yang tersedia namun tidak semuanya menjanjikan.

Jika kamu baru meniti karir, ada baiknya kamu mengetahui pekerjaan atau profesi yang banyak dicari di tahun 2023 ini.

Tren pekerjaan atau profesi yang paling dicari ini bisa sebagai gambaran untuk kamu memulai karir.
Sejatinya tidak ada pekerjaan atau profesi yang dipastikan sukses.

BACA JUGA:Keindahan Danau Ampar di Bangka, Destinasi Wisata yang Menakjubkan

Karena ada banyak faktor bagaimana kesuksesan sebuah profesi bisa diraih. Namun ada beberapa faktor yang membuat sebuah profesi menjadi populer atau banyak dicari.

Faktor pekerjaan atau profesi jadi banyak dicari

1. Perkembangan Teknologi

Perkembangan dan kemajuan teknologi berpeluang menciptakan peluang kerja baru dan meningkatkan permintaan untuk profesi tertentu seperti pengembangan perangkat lunak, analis data, dan administrator sistem.

BACA JUGA:Gurihnya Gulai Ikan Patin Khas Suku Besemah, Resep dan Cara Memasaknya

2. Pertumbuhan ekonomi

Adanya pertumbuhan ekonomi dalam sebuah negara atau wilayah dapat meningkatkan permintaan untuk profesi yang terkait dengan bidang-bidang tertentu seperti keuangan, konstruksi, atau manufaktur.

3. Demografi

Dari segi demografi juga mempengaruhi adanya pekerjaan atau profesi tertentu yang menjadi populer. Misalnya, adanya perubahan demografi seperti penduduk yang tua dapat meningkatkan permintaan untuk profesi kesehatan dan perawatan.

BACA JUGA:Kota Pagar Alam, Menikmati Keindahan Serpihan Surga di Tengah Sumatera Selatan

4. Perubahan gaya hidup masyarakat

Perubahan tren dan gaya hidup masyarakat dapat meningkatkan permintaan untuk profesi tertentu seperti pemasaran digital dan e-commerce.

Namun yang jelas, persaingan dan dinamika pasar dapat menciptakan peluang kerja baru dan meningkatkan permintaan untuk profesi tertentu. Sebuah pekerjaan yang memerlukan kualifikasi tertentu, seperti keahlian khusus atau pendidikan tinggi, cenderung lebih banyak dicari daripada pekerjaan yang tidak memerlukan kualifikasi khusus.

Namun, perlu diingat bahwa situasi pasar kerja dapat berubah-ubah sesuai dengan perubahan ekonomi dan teknologi, dan profesi yang populer atau banyak dicari mungkin berbeda di masa depan.

BACA JUGA:Pendap, Menikmati Kelezatan Makanan Khas Bengkulu dengan Cita Rasa Pedas dan Gurih

Daftar pekerjaan yang paling banyak dicari di 2023

Di Indonesia, kesempatan kerja di berbagai sektor cukup berkembang, misalnya di bidang teknologi, kesehatan, keuangan, penjualan dan pemasaran, e-commerce, manufaktur, logistik dan transportasi.

Sektor-sektor ini cenderung memiliki permintaan yang tinggi untuk personel, terutama bagi mereka yang memiliki keterampilan dan keahlian yang sesuai dengan kebutuhan industri.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini pekerjaan yang paling dicari di tahun 2023

BACA JUGA:Keindahan Air Terjun Desa Tanjung Karang di Kabupaten Oku, Tempat Wisata Alam yang Menawan

1. Digital Marketing

Digital marketing menjadi pekerjaan yang banyak dicari dan menjanjikan karena adanya permintaan yang tinggi dari perusahaan dan organisasi untuk meningkatkan eksposur dan interaksi mereka di platform digital.

Internet dan perangkat seluler saat ini menjadi media untuk menjangkau audiens dan meningkatkan brand awareness, yang merupakan komponen penting dalam kegiatan pemasaran.

Banyaknya pengguna aktif di internet, juga membuat digital marketing menjadi lahan yang menguntungkan untuk mempromosikan produk dan jasa. Kemampuan digital marketer dalam meningkatkan interaksi dan pemasaran produk/jasa menjadi faktor penting yang dicari oleh perusahaan.

BACA JUGA:Keindahan Air Terjun Desa Tanjung Karang di Kabupaten Oku, Tempat Wisata Alam yang Menawan

Digital marketing juga memiliki banyak aspek yang berbeda, seperti search engine optimization (SEO) hingga social media strategist yang membuat banyak kesempatan untuk para profesional untuk mengembangkan karir mereka dalam bidang ini.

2. Content creator

Di zaman now, permintaan yang tinggi dari pengguna internet untuk konten yang berkualitas dan relevan membuat pekerjaan content creator tumbuh pesat. Ada banyak platform online yang membuat mudah bagi siapa saja untuk membuat dan membagikan konten. Sebut saja instagram, TikTok dan Youtube.

Dengan pertumbuhan jumlah pengguna internet dan perangkat seluler, jangkauan konten yang dapat diakses juga meningkat, meningkatkan potensi pemasaran dan pendapatan bagi para content creator. Selain itu, beberapa perusahaan juga mempekerjakan content creator untuk membuat konten yang dapat digunakan dalam kegiatan pemasaran perusahaan.

BACA JUGA:Pantai Sungai Suci, Surga Tropis dengan Pemandangan Alam yang Memukau di Bengkulu

3. Editor video

Masih berkaitan dengan content creator, video editor juga menjadi pekerjaan yang banyak dicari karena adanya permintaan yang tinggi untuk konten video yang berkualitas dan menarik. Video adalah medium yang efektif untuk menyampaikan pesan dan menghibur audiens, sehingga digunakan dalam berbagai bidang seperti hiburan, berita, pendidikan, dan pemasaran.

Pertumbuhan jumlah pengguna internet dan perangkat seluler juga meningkatkan aksesibilitas dan jangkauan video, meningkatkan potensi pemasaran dan pendapatan bagi para editor video. Selain itu, video memiliki tingkat engagement yang tinggi dan mudah diingat.

4. Software Engineer

Banyak perusahaan dan organisasi memerlukan software engineer untuk mengembangkan dan mengelola aplikasi dan sistem yang digunakan. Software Engineer bertanggung jawab untuk mengembangkan dan mengevaluasi software, baik itu aplikasi atau sistem, untuk memenuhi kebutuhan perusahaan.

BACA JUGA:Menemukan Surga Tersembunyi, Pesona Pantai Enggano di Bengkulu

Mereka juga dapat mengevaluasi teknologi yang digunakan untuk menentukan apakah sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau harus digantikan dengan teknologi yang lebih baru dan efektif.

Pekerjaan software engineer juga cenderung stabil karena perkembangan teknologi yang terus berjalan, sehingga membuat permintaan akan software engineer yang handal akan terus ada. Selain itu juga, bidang ini juga menawarkan gaji yang tinggi dan karir yang menjanjikan.

5. Data Scientist

Menurut Business Insider, pekerjaan data scientist akan terus relevan hingga tahun 2030. Hal ini karena banyak perusahaan di berbagai bidang telah memakai data untuk perkembangan bisnis.

BACA JUGA:Polri Buka Pendaftaran, Cek Syaratnya Sekarang Juga!

Secara umum, keterampilan yang dibutuhkan untuk pekerjaan ini antara lain, analisis dan pemodelan data, matematika dan statistik, pengetahuan dasar pengkodean (Java/Phython), keterampilan visualisasi dan presentasi data.

6. Network security

Network security dibutuhkan karena adanya ancaman yang terus berkembang terhadap keamanan jaringan komputer.

Dengan meningkatnya penggunaan internet dan jaringan komputer informasi yang sensitif dapat menjadi sasaran serangan cyber yang berbahaya.

BACA JUGA:Keindahan Danau Ampar di Bangka, Destinasi Wisata yang Menakjubkan

Network security bertanggung jawab untuk melindungi jaringan komputer dari serangan yang tidak sah dan menjaga integritas dan ketelitian informasi yang disimpan di jaringan tersebut.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: