Miliki Cita Rasa yang Unik, 5 Makanan Khas Dayak Wajib Kamu Cobain

Miliki Cita Rasa yang Unik, 5 Makanan Khas Dayak Wajib Kamu Cobain

Miliki Cita Rasa yang Unik, 5 Makanan Khas Suka Dayak Wajib Kamu Cobain -Foto: Ist-

PAGARALAMPOS.COM - Provinsi Kalimantan memiliki salah satu suku nusantara yang unik dan berkesan, Suku Dayak namanya. Masyarakat Dayak selalu menghargai ke selarasan dengan alam dan lingkungan sekitar. 

Maka dari itu, banyak yang beranggapan bahwa bukan hanya ke selarasan alam yang mereka jaga, namun juga berbagai jenis makanannya juga terkenal lezat dan melegenda. 

Beberapa kuliner khas Dayak yang cukup menjadi primadona masyarakat Kalimantan yaitu keripik kelakai, lemang, kue dange dan masih banyak lagi. kuliner Dayak memang sudah tak dapat diragukan betapa enak dan beragamnya. 

Lalu apa saja makanan khas Dayak yang wajib di cicipi? Simak ulasan lengkapnya dalam artikel berikut ini.

BACA JUGA:10 Oleh-Oleh Khas Pagaralam yang Wajib Dibawah Pulang

1. Bangamat atau Paing

Dalam masyarakat Dayak Ngaju makanan ini disebut Bangamat, sedangkan pada masyarakat Dayak Maanyan dikenal dengan nama Paing. Dimana hidangan khas Dayak ini menjadi primadona semua kalangan. 

Berbahan dasar kelelawar besar(Kalong) yang dimasak dengan bumbu khas serta tambahan sulur keladi. Cita rasanya yang nikmat berpadu dengan tekstur daging empuk dan otentik, sukses bikin kamu tergoda untuk segera menyantapnya.

2. Kalumpe atau Karuang

Sajian khas Dayak Kalimantan Tengah satu ini merupakan kuliner yang tidak boleh terlupakan, Kalumpe atau Karuang namanya. Masyarakat Dayak Maanyan menyebutnya Kalumpe, sedangkan Karuang umum dikenal di masyarakat Dayak Ngaju.

BACA JUGA:Catat! Ini Rekomendasi 7 Villa di Kota Pagaralam Beserta Nomor Telepon

Dengan bahan utama daun singkong, hidangan ini diolah dengan bumbu khusus sebelum dimasak bersama terong pipit. Cita rasanya yang khas dipadukan dengan nasi hangat akan membuat kamu seolah lupa sedang diet ketika menyantap hidangan satu ini.

3. Sayur Umbut Kelapa

Kuliner khas Dayak unik ini menggunakan bahan utama umbut atau bonggol (dari pohon kelapa muda), Sayur Umbut Kelapa namanya. Dimana, Bonggol tersebut akan dimasak dengan campuran ikan maupun daging juga bumbu kuah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: