6 Makanan Tradisional Khas Aceh Beserta Bahan-bahannya

6 Makanan Tradisional  Khas Aceh Beserta Bahan-bahannya

6 Makanan Tradisional Khas Aceh Beserta Bahan-bahannya-Foto: net-

4. Sie Reuboh 

Sie reuboh merupakan makanan khas Aceh yang terbuat dari daging sapi dan lemaknya. Sekilas, hidangan ini menyerupai rendang basah.

Sie reuboh dimasak menggunakan bumbu yang terdiri dari cuka aren, bawang putih, garam, kunyit, cabai merah, cabai bubuk, dan lengkuas. Perpaduan bumbu tersebut menghasilkan cita rasa gurih dan pedas dengan sedikit asam. Biasanya, sie reuboh disantap dengan sayur bening dan kerupuk.

Hidangan ini sering disajikan saat Ramadan dan hari raya. 

5. Manuk Labakh 

Manuk labakh merupakan makanan khas Aceh dari Suku Alas. Hidangan ini berbahan dasar ayam kampung dan tiga macam kelapa, yaitu kelapa umur sedang untuk diambil santannya, kelapa agak tua untuk disangrai, dan kelapa muda untuk taburan. Ayam dikukus kemudian dicampur dengan kelapa serta bumbu lada hitam, lada putih, jintan, serai, lengkuas, bawang merah, bawang putih, dan garam.

BACA JUGA:Biaya liburan ke Kota Pagaralam, Tidak Bikin Kantong Kering!

Gurihnya kelapa berpadu dengan rasa tajam dari rempah-rempah semakin menambah kenikmatan.

6. Ie Bu Peudah 

le bu peudah yang merupakan makanan khas Aceh dalam bahasa Indonesia disebut bubur pedas. Hidangan ini disajikan pada bulan puasa sebagai makanan pembuka. Ie bu peudah terdiri dari daun kayu sebanyak 44 macam. Biasanya, daun-daun diambil dari pegunungan.

Namun, saat bulan Ramadan, banyak yang menjualnya di pasar tradisional. Dedaunan dicampur dengan beras dan dimasak dengan air hingga menjadi bubur. Dalam penyajiannya, ie bu peudah disajikan dalam wadah atau piring. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: