Biaya liburan ke Kota Pagaralam, Tidak Bikin Kantong Kering!

Biaya liburan ke Kota Pagaralam, Tidak Bikin Kantong Kering!

Biaya liburan ke Kota Pagaralam, Tidak Bikin Kantong Kering!--

PAGARALAM,PAGARALAMPOS.COM - Liburan ke Pagar Alam, akhirnya terwujud. Berikut Panduan Liburan ke Pagar Alam

Kapan lagi, pikir saya. Toh, tidak ada hal yang menahan, khususnya urusan pekerjaan di kantor. Lebih-lebih saya sudah mendapatkan vaksin lengkap, plus booster.

Persiapan pun dilakukan dengan meriset hal-hal yang harus diketahui. Aaah… merencanakan solo trip seperti ini, rasanya, sudah lama tidak saya lakukan.

Senang, akhirnya bisa melipir sejenak dari kejenuhan di rumah saja selama pandemi. Buat yang berencana ke Pagar Alam dalam waktu dekat, ini, nih, panduan singkatnya, berdasarkan pengalaman pribadi.

BACA JUGA:7 Tempat Wisata di Lahat yang unik dan instagramable

Panduan Singkat Liburan ke Pagar Alam

Pagar Alam, sejujurnya, bukan daerah baru buat saya. Waktu kecil pernah ke sana, karena keluarga ibu saya pernah menetap di kota yang terkenal dengan Kawasan Wisata Gunung Dempo itu. Lalu mereka semua pindah ke Kota Bengkulu, dan saya tidak pernah lagi diajak mudik ke sana.

Kali ini, saya berangkat sendiri, murni sebagai wisatawan. Tidak ada rencana mengenang masa-masa kecil di sana. Inilah hal-hal yang perlu teman-teman ketahui jika ingin solo traveling ke Pagar Alam.

Transportasi

BACA JUGA:Bukan Hanya Wisata, Ternyata Pagar Alam Miliki Ratusan Situs Megalithikum

Transportasi antar kota

Saya berangkat dari Kota Bengkulu menggunakan travel antar alamat. Ini adalah cara yang paling mudah, aman, dan nyaman. Saya sengaja minta berangkat pagi, karena pingin tahu rute jalannya, dan tidak mau disorientasi kalau tibanya sudah gelap di daerah baru.

Sebenarnya, untuk jadwal keberangkatan, bisa didiskusikan dengan supir travelnya. Seandainya waktunya tidak cocok, bakalan dicarikan travel lain yang berangkanya sesuai dengan waktu yang diinginkan.

Seandainya datang dari daerah lain, mungkin ada juga travel atau bus. Sebelumnya ada pesawat terbang, tapi tidak tahu, bandaranya masih beroperasi atau tidak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: