Selain Borobudur, 6 Destinasi Wisata Candi di Indonesia ini Wajib Kamu Kunjungi

Selain Borobudur, 6 Destinasi Wisata Candi di Indonesia ini Wajib Kamu Kunjungi

Selain Borobudur, 6 Destinasi Wisata Candi di Indonesia ini Wajib Kamu Kunjungi -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Indonesia adalah negara yang kaya berbagai rupa peninggalan sejarah. Salah satu yang paling mudah ditemukan adalah candi. Banyak sekali bangunan candi bercorak Hindu dan Buddha di Indonesia yang merupakan peninggalan sejarah dari berbagai kerajaan.

Setiap candi memiliki cerita sejarahnya masing-masing. Beberapa candi yang sangat populer di Indonesia yaitu, Candi Prambanan di Yogyakarta, Candi Borobudur di Magelang, dan Candi Mendut yang juga berlokasi di Magelang.

Selain ketiga candi tersebut, masih banyak candi-candi lain yang kurang populer di masyarakat, namun memiliki cerita sejarah yang sangat menarik. Di antaranya sebagai berikut ini, nih

1. Candi Prambanan

Terletak di daerah Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Candi Prambanan juga dikenal dengan nama Candi Roro Jonggrang. Komplek Candi Prambanan merupakan area candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi ini dibangun sekitar pada abad ke-9 oleh Raja Rakai Pikatan dari Kerajaan Mataram Kuno.

BACA JUGA:Ampuh! 6 Rekomendasi Skincare Pengecil Pori-pori Agar Kulitmu Tampak Halus

Candi Prambanan merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta dan sekitarnya. Sebab, lokasinya sangat strategis, yakni jalan utama Yogyakarta-Solo. Adapun harga tiket masuk untuk wisatawan lokal sebesar Rp 50.000 per orang, sementara untuk wisatawan asing sebesar USD 25, atau Rp 362.500 per orang.

2. Candi Plaosan

Jika Anda ingin menghemat budget liburan, Candi Plaosan bisa menjadi pilihan destinasi wisata karena harga tiketnya hanya sebesar Rp 5.000.Candi Plaosan berada di wilayah Klaten, Jawa Tengah. Candi Plaosan terbagi menjadi dua bagian. Plaosan Kidul (selatan) dan Plaosan Lor (utara).

Candi ini merupakan peninggalan Buddha, Meski begitu, arsitekturnya merupakan perpaduan antara Buddha-Hindu. Candi ini menjadi satu alternatif destinasi yang cocok untuk mengalihkan crowd di Borobudur dan Prambanan.

BACA JUGA:11 Tempat Wisata Baru di Muaro Jambi, Cocok Buat Liburan Akhir Pekan

3. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo adalah nama sebuah komplek candi bercorak Hindu yang terletak di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Nama Gedong Songo berasal dari Bahasa Jawa, yaitu Gedong yang artinya bangunan dan Songo yang berarti sembilan.

Thomas Stamford Raffles adalah penemu candi ini pada sekitar tahun 1804. Saat ini, Candi Gedong Songo menjadi salah satu tujuan wisata populer di Semarang. Harga tiket masuknya cukup murah, yakni sebesar Rp 10.000 pada weekday, dan Rp 15.000 pada akhir pekan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: