Waspada! 4 Penyakit ini Rentan Terjadi Ketika Berpuasa

Waspada! 4 Penyakit ini Rentan Terjadi Ketika Berpuasa

Waspada! 4 Penyakit ini Rentan Terjadi Ketika Berpuasa -Foto: Ist-

PAGARALAMPOS.COM - Ada banyak perubahan yang terjadi selama puasa, mulai dari pola makan hingga pola tidur. Bagi yang belum terbiasa, hal ini memicu berbagai keluhan sakit akibat pola tidur dan pola makan yang keliru. 

Termasuk bagi para pekerja yang selama berpuasa tetap harus bekerja. Meski begitu, seharusnya puasa bukan menjadi halangan untuk bisa tetap produktif bekerja.

Kendati demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa puasa juga dapat menimbulkan masalah kesehatan jika tidak dilakukan cara yang tepat. Keluhan atau penyakit yang terjadi saat puasa tersebut dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari kurang minum air, kurang tidur, hingga makan secara berlebihan saat berbuka puasa.

Penyakit yang Rentan Terjadi Saat Puasa

Mengalami masalah kesehatan saat berpuasa tentu membuat puasa yang dijalani menjadi tidak nyaman bahkan berisiko menyebabkan batal puasa.

BACA JUGA:4 Tips Mengenalkan Puasa Pertama Pada Anak

Oleh karena itu, agar kamu bisa lebih waspada, mari kenali 4 penyakit yang rentan terjadi saat puasa berikut:

1. Dehidrasi

Dehidrasi dapat terjadi akibat kurang minum di waktu buka puasa hingga sahur. Risiko dehidrasi akan semakin meningkat jika kamu banyak mengonsumsi minuman berkafein atau melakukan aktivitas yang mengeluarkan banyak keringat.

Untuk mencegah terjadinya dehidrasi selama puasa, cukupi kebutuhan cairan dengan minum 8 gelas air putih setiap harinya. Kamu bisa memanfaatkan pembagian 2-4-2, yaitu 2 gelas saat berbuka puasa, 4 gelas di malam hari hingga menjelang tidur, dan 2 gelas saat sahur.

Selain itu, kamu juga bisa memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung banyak air, seperti semangka, melon, jeruk, dan tomat.

2. Sakit kepala

Dehidrasi, kurang tidur, dan rendahnya kadar gula darah saat puasa bisa menyebabkan pusing, sulit konsentrasi, lemas, dan sakit kepala. Agar risiko sakit kepala menurun, pastikan kamu tidur cukup setiap harinya.

BACA JUGA:5 Manfaat Puasa bagi Ibu Menyusui dan Tips Menjalankannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: