Kembangkan Potensi Desa Wisata, Ini yang Dilakukan Masyarakat Tebat Benawa

Kembangkan Potensi Desa Wisata, Ini yang Dilakukan Masyarakat Tebat Benawa

Kembangkan Potensi Desa Wisata, Ini yang Dilakukan Masyarakat Tebat Benawa-Foto: Ist-

PAGARALAM,PAGARALAMPOS.COM - Desa Wisata Tebat Benawa di Kecamatan Dempo Selatan Kota Pagar Alam telah dikenal sebagai salah satu desa dengan Wisata kopi. Tapi kini para perempuan desa ini tak lagi sekadar mengolah biji kopi menjadi bahan minuman nikmat. 

Mereka mulai merintis hilirisasi produk perkebunan mereka menjadi produk sabun alami yang menyehatkan kulit yang dikemas sebagai oleh-oleh khas bagi wisatawan yang datang ke Pagar Alam.

Sebanyak 27 perempuan di desa wisata Tebat Benawa terlihat antusias mengikuti pelatihan pembuatan sabun yang diselenggarakan oleh PT Pupuk Sriwidjaja Palembang (Pusri) pada hari Senin 20 Maret lalu. 

Pelatihan ini dipandu oleh Tim pengajar dari Tanisani Project, sebuah usaha rintisan yang fokus pada edukasi masyarakat dan memproduksi produk perawatan kulit ramah lingkungan salah satunya sabun alami.

BACA JUGA:Ajak Masyarakat Aktifkan Siskamling

Dengan mengolah bubuk kopi dan aneka minyak nabati melalui proses sederhana, para perempuan dengan rentang usia 20 sampai 60 tahun itu telah bisa membuat sabun padat berbahan kopi. 

Tak hanya dilatih tentang pembuatan sabun kopi serta manfaat sabun kopi bagi kesehatan kulit. 

Kelompok petani kopi perempuan di Desa Tebat Benawa yang tergabung dalam Kelompok usaha perhutanan sosial Kopi Ringkeh ini juga mendapat pengetahuan lanjutan tentang teknik mencetak, memotong, dan serta potensi pemasaran. 

Dari sisi manfaat, sabun kopi memiliki sejumlah keutamaan selain memiliki aroma yang menenangkan. 

BACA JUGA:Jumat Barokah, Kapolsek Dempo Selatan Berbagi

Sabun kopi juga memberi nutrisi yang menyehatkan kulit. 

Agregat dan kandungan asam yang dimiliki kopi juga baik untuk membersihkan sel-sel kulit yang mati dan membuat kulit lebih cerah.

Surainah, sang ketua kelompok mengaku senang. 

“Selama ini kami hanya mengolah kopi jadi kopi beras atau disangrai untuk dijadikan kopi bubuk. Dengan pelatihan ini, kami bisa membuat sabun mandi yang sehat untuk kulit supaya emak-emak Tebat Benawa tetap bisa cantik dengan sabun buatan sendiri. Dan yang penting bisa dijual sebagai oleh-oleh khas desa Kami dan Pagar Alam,” katanya sambil tersenyum lebar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: