Jalankan Tugas Sesuai Aturan, KPU Sambangi Kediaman Ketua Bawaslu Provinsi

Jalankan Tugas Sesuai Aturan, KPU Sambangi Kediaman Ketua Bawaslu Provinsi

COKLIT: Proses coklit data pemilih Ketua Bawaslu Provinsi Sumsel oleh KPU Pagaralam dan jajaran.-Foto: Ist/Pagaralam Pos-

PAGARALAM POS, Pagaralam – Pelaksanaan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih Pemilu 2024, yang dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) masih terus berlangsung hingga saat ini.

Pantauan dilapangan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pagaralam bersama Panitia Pemilhan Kecamatan (PPK) Pagaralam Utara didamping Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Pagaralam mendatangi kediaman Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Selatan Yenli Elmanoferi tercatat sebagai warga Kota Pagaralam untuk dilakukan pencoklitan.

Yenli berpesan, dalam penyusunan daftar pemilih, penyelenggara dalam hal ini KPU dan jajaran harus melaksanakan tugasnya termasuk pencoklitan sesuai dengan aturan. Apalagi, kata Yenli, jangan sampai karena petugasnya merupakan ketua Rukun Tetangga (RT), sehingga melaksanakan Coklit daftar pemilih dari rumah atau cukup di meja saja. “Karena aturannya ini dilakukan door to door atau dari rumah ke rumah. Dan ada bukti kalau masyarakat atau penduduk itu sudah di Coklit,” ujarnya.

Karena dengan demikian, sebut Yenli, penyusunan atau pendaftaran data pemilih Pemilu 2024 khususnya di Sumatera Selatan menuju kesempurnaan, meskipun berdasarkan pengalaman masih ditemukan juga masyarakat yang tidak terdaftar sebagai pemilih. “Sehingga masyarakat juga harus proaktif, untuk mengecek apaka sudah terdaftar sebagai daftar pemilih atau belum,” ungkapnya.

BACA JUGA:DPC Partai Demokrat Pagaralam Dukung Anies Sebagai Presiden RI

Sementara, KPU Pagar Alam melalui anggota PPK Kecamatan Pagar Alam Utara, Anton Andika menambahkan bahwasanya khususnya untuk kecamatan Pagar Alam Utara progres pencoklitan yang dilakukan oleh pantarlih sudah mencapai 85 persen baik itu secara manual mapun melalui aplikasi e-Coklit. “Kalau untuk manual dilapangan, tiap-tiap PPS sudah mayoritas selesai, hanya kendala di aplikasi e-coklit yang kadang belum bisa sinkronisasi,” tukasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: