Ditlantas Polda Jateng Persiapkan Jalur Mudik Lebaran 2023

Ditlantas Polda Jateng Persiapkan Jalur Mudik Lebaran 2023

--

JATENG, PAGARALAMPOS.COM - Polisi melalui Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Tengah melakukan pengecekan jalur mudik Lebaran 2023 guna menghindari kemacetan dan kecelakaan.

Pengecekan jalur mudik dilakukan di wilayah Pati, Rembang, Banyumas, dan Cilacap. Nantinya, jalur-jalur yang rawan tersebut akan di evaluasi, termasuk menyiagakan sejumlah personil gabungan.

Dirlantas Polda Jateng, Kombes. Pol. Drs. Agus Suryo Nugroho, S.H., M.Hum., mengatakan, upaya antisipasi kemacetan dan kecelakaan menjadi tugas kepolisian. Pihaknya bekerjasama dengan Kementerian PUPR dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dalam menyiapkan skenario darurat dan pemetaan wilayah rawan kecelakaan.

"Di ruas tol maupun non-tol kita koordinasikan dimana saja titik yang rawan. Jadi, nanti bila kita instruksikan one way, atau pengalihan arus di arteri siap," jelas mantan Kasubditlaka Ditgakkum Korlantas Polri, seperti dilansir dari Kompas.com, Minggu 26 Februari 2023 kemarin.

Menurut dia, langkah antisipasi kemacetan di jateng, seperti Lebaran tahun lalu, pihaknya memberlakukan rekayasa lalu lintas di gerbang tol dan sejumlah jalur arteri. Kemudian pihaknya juga menggunakan evaluasi pelaksanaan Operasi Keselamatan Candi 2023, terutama dalam menyiapkan upaya penegakan hukum (gakkum) di Jawa Tengah.

Polisi turut mengimbau kepada masyarakat bisa mempersiapkan kondisi fisik, kendaraan, dan rute perjalanan saat mudik lebaran.

 

Artikel ini telah tayang di laman polri.go.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: