8 Kondisi Penyebab Payudara Terasa Nyeri

8 Kondisi Penyebab Payudara Terasa Nyeri

8 Kondisi Penyebab Payudara Terasa Nyeri-Foto: Ist-

PAGARALAMPOS.COM - Sebagian wanita dapat mengalami puting payudara sakit karena beberapa hal, seperti saat menggunakan bra yang kurang nyaman atau sebelum periode menstruasi tiba. 

Tak hanya itu, keluhan puting payudara sakit juga bisa dialami oleh ibu menyusui.

Rasa sakit pada payudara bukanlah gejala umum dari kanker payudara. Kondisi ini lebih sering muncul akibat perubahan normal yang terjadi pada payudara Anda.

Pada sebagian wanita, penyebab payudara terasa nyeri dan kencang berkaitan dengan gejala sindrom premenstruasi. Meski begitu, beberapa kondisi lain juga bisa menjadi penyebabnya.

Berikut ini merupakan beberapa kondisi atau penyakit yang bisa menyebabkan payudara nyeri.

BACA JUGA:Ketahui Kondisi dan Penyebab Kencing Bau Belerang

1. Ukuran payudara besar

Sering tidak disadari, ukuran payudara besar bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya rasa sakit pada payudara. Bahkan, rasa sakit bisa menjalar hingga ke bagian leher, bahu, dan punggung.

Penumpukan berat pada bagian dada juga membuat postur tubuh cenderung membungkuk (lordosis). Gejala umum pada orang yang mengalami lordosis ialah nyeri otot.

2. Trauma payudara

Penyebab payudara nyeri lainnya ialah trauma pada saluran atau kelenjar susu. Ini bisa terjadi setelah kecelakaan atau pasca-operasi untuk mengangkat kista payudara.

Anda mungkin akan merasakan nyeri yang tajam bila payudara tersentuh. Hal ini biasanya bertahan selama beberapa hari hingga minggu setelah trauma.

3. Menstruasi

Pada kebanyakan wanita, siklus menstruasi merupakan penyebab dari segudang rasa sakit dan nyeri menusuk pada payudara. Jenis nyeri ini biasa disebut dengan nyeri siklik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: