Kans Warga Kulit Hitam AS Ditembak Aparat 2,5 Lebih Tinggi

Kans Warga Kulit Hitam AS Ditembak Aparat 2,5 Lebih Tinggi

BLACK LIVES MATTER: Demonstran memprotes tindakan brutal polisi terhadap Tyre Nichols di Atlanta.-Foto: net-jawapos.com

JAKARTA,PAGARALAMPOS.COM -  “Kami lelah dibunuh, dipukuli, dan dikejar.” Kalimat itu dilontarkan Rabbi Michael Ben Yosef, salah seorang peserta aksi turun ke jalan di Chicago, Amerika Serikat.

Ribuan penduduk Negeri Paman Sam tersebut di berbagai kota berdemo menuntut keadilan untuk Tyre Nichols

Pemuda kulit hitam itu tewas di tangan polisi unit khusus Memphis, Tennessee, AS. Padahal, saat kejadian, dia tak melakukan kejahatan apa pun.

Massa yang didominasi warga kulit hitam memadati jalanan sejak Jumat 27Januari 2023 pasca perilisan video pemukulan terhadap Nichols. Itu mengingatkan kembali pada masifnya gerakan Black Lives Matter setelah kematian George Floyd di Minneapolis, juga akibat kebrutalan polisi pada Mei 2020.

BACA JUGA:Alpian Maskoni : Masjid Tempat Beribadah dan Menggali Ilmu Agama

Hingga kemarin 29 Januari 2023, jumlah demonstran terus bertambah. Mereka menuntut agar petugas yang terlibat mendapatkan balasan setimpal atas perbuatan mereka.

Kemarahan penduduk kulit hitam bukan tanpa alasan. Orang kulit putih memang lebih banyak yang menjadi korban tewas karena peluru polisi. Tapi, karena jumlah warga kulit hitam hanya sedikit, persentase mereka jadi lebih tinggi. Orang kulit hitam berpeluang ditembak 2,5 kali lebih tinggi dibandingkan warga kulit putih.

Profesor di Sekolah Hukum Elisabeth Haub Randolph McLaughlin menegaskan bahwa kebrutalan polisi dan tindakan tidak manusiawi mereka terhadap Nichols sangat mengejutkan. Dalam video yang dirilis polisi, tampak Nichols dipukuli dan ditendangi beberapa petugas seperti layaknya sebuah bola.

’’Dia bahkan bukan manusia bagi mereka (polisi, Red). Seolah-olah mereka baru saja pergi dan memainkan pertandingan bisbol dan berbicara tentang apa yang terjadi sesudahnya. Sama sekali tidak ada alasan untuk tindakan ini,’’ ujar pria yang juga menjabat wakil ketua praktik hak-hak sipil Newman Ferrara seperti dikutip The Guardian itu.

BACA JUGA:Bicara Griya Tegu Wangi, Begini Jawaban Menohok Walikota Pagaralam

Presiden AS Joe Biden menyebut video yang mengungkapkan pemukulan Nichols adalah hal mengerikan.

Menurut dia, itu adalah pengingat menyakitkan dari ketakutan yang dihadapi orang kulit hitam dan cokelat di AS secara terus-menerus. Dia meminta agar aksi demo berlangsung damai.

Kejadian memilukan pada Nichols terjadi 7 Januari lalu. Saat itu pria 29 tahun tersebut dalam perjalanan pulang setelah memotret matahari tenggelam. Di lampu merah, dia dipaksa turun dari mobilnya dan diminta tengkurap.

Tembakan kejut diarahkan kepadanya. Nichols yang ketakutan akhirnya berusaha lari. Dia berhasil ditangkap dan disemprot dengan semprotan merica. Kaget dan perih, dia tidak sengaja memukul salah seorang petugas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jawapos.com